10 Hal Mustahil yang Jadi Hal Biasa Di Dalam Game!

Posted on

Industri game memang cukup sulit untuk diprediksi. Di masa lalu kita dihadapkan pada sebuah mekanisme yang full original dan beberapa diantaranya cukup sulit. Tapi di era sekarang, beberapa hal sulit tersebut malah menjadi hal yang baik serta menjadi tren masa kini.


CONTINUE READING BELOW


Ya, kita sedang membicarakan mengenai hal mustahil di dalam game yang justru menjadi sesuatu yang biasa di era gaming modern seperti sekarang ini. Lantas apa sajakah mekanisme tersebut? Yuk langsung saja kita bahas satu per satu untuk lebih jelasnya mengenai 10 hal mustahil di dalam game yang justru jadi mekanisme biasa saat ini.

Cara menikmati game open world

Source: eTeknix

Musuh elemen api, angin, bahkan air sering ada di dunia game. Biasanya musuh-musuh seperti ini bakal muncul menjadi sesuatu yang kompleks di game dengan genre RPG. Mengapa kita menyebutnya kompleks? Simpel saja, karena untuk mengalahkan satu musuh elemen tertentu, dibutuhkan elemen tertentu juga pada karakter kita.

Contoh kecilnya ada pada game Final Fantasy atau The Witcher 3. Di situ, lawan elemen api harus dilemahkan dengan satu cara khusus. Begitu juga dengan elemen angin dan elemen lainnya. Jika gamer tak siap, sudah pasti kita bakal dihajar habis oleh sang musuh elemen.

Dulu hal tersebut merupakan hal mustahil di dalam game dan juga tentu sangat sulit. Tapi sekarang hal itu menjadi hal yang biasa saja.

Musuh Mengumpat Di Balik Ledakan

Sumber: Zelda Dungeon

Salah satu hal mustahil di dalam game selanjutnya adalah banyaknya musuh yang mengumpat di balik bahan peledak. Di sini sebenarnya kita sebagai gamer bakal diuntungkan karena cukup menembak peledak itu dan bang!! langsung hancur banyak musuh deh.

Tapi jika dipikir kembali, kenapa tidak para developer membuat jebakan yang lebih indah tanpa harus membuat AI terlihat bodoh. Tapi jika tidak begitu, maka permainan game bakal semakin sulit. Hmmm, gimana menurut kalian guys baiknya? Sistem ini dipertahankan atau tidak?

resident evil 2 - banyak game switch

Menyalakan power menjadi hal lumrah di industri games saat ini. Dulu, menyalakan sumber power menjadi hal yang cukup mustahil untuk dilakukan. Tapi di era gaming modern, menyalakan power juga bisa menjadi jebakan. Ya, jika kalian adalah orang yang sering bermain game horor, sudah pasti bakal ada jumpscare ketika kalian melakukan langkah ini.


CONTINUE READING BELOW


Jikalau bukan jumpscare, kalian bakal berhadapan dengan boss usai menyalakan power ini. Jadi sudah jelas bukan bahwa jebakan yang satu ini benar-benar harus dipersiapkan dengan matang ketika kalian menghadapinya.

Diburu waktu, mungkin itulah salah satu hal mustahil yang justru jadi hal biasa di dalam game. Jebakan yang satu ini bisa membuat kita geleng-geleng kepala tentunya. Bagaimana tidak? Ketika kita melakukan interact, tiba-tiba kita disuruh untuk menyelesaikan misi sebelum waktu habis.

Di era gaming modern, saya banyak menemukan hal seperti ini di game milik Ubisoft, Watch Dogs 2 yang benar-benar mengasah otak kalian hingga titik puncak. Berita baiknya adalah kalian bisa mengasah keterampilan dan ketangkasan ketika bermain game yang memiliki misi seperti ini.

Kesalahan yang Tidak Bisa Diulang

Sumber: USgamer

Hal paling menyebalkan adalah kita sadar melakukan kesalahan tapi tidak bisa kembali. Ya, itu benar-benar menjengkelkan dan saya pernah merasakan hal ini setidaknya satu kali ketika bermain The Witcher 3. Hal itu terjadi ketika saya gagal mendapatkan salah satu viper sword.

Tentu saya tidak bisa mengulangnya karena sudah melakukan save game dan saya baru menyadarinya belakangan. Jebakan seperti ini jarang sekali terjadi di era gaming jadul. Di era gaming modern, biasanya hal seperti ini terjadi di game action interaktif atau game RPG open world.

Misi mengawal orang adalah misi paling mengesalkan. Tentunya dulu hal ini juga merupakan hal mustahil di dalam game. Singkatnya kita bisa menyebut hal ini sebagai escort mission. Biasanya misinya simpel, kita harus menuntun orang yang kita kawal menuju tempat yang sudah ditentukan di dalam game.


CONTINUE READING BELOW


Si orang yang kita kawal juga memiliki health bar sendiri dan kita harus berusaha jangan sampai orang tersebut tewas. Yang mengesalkan adalah AI untuk orang yang kita kawal kurang responsif sehingga membuat dirinya menjadi cepat mati. Beda lagi jika AI-nya responsif, mungkin misi ini bakal berjalan lebih mudah.

Gimana? Ada yang pernah punya pengalaman buruk dengan misi seperti ini?

Hancurnya senjata harus diakui merupakan hal mustahil di dalam game zaman dulu. Tapi di era modern seperti saat ini, hancur senjata menjadi jebakan paling efektif membuat nyali bertempur seseorang ciut. Biasanya hal seperti ini ada di game berbasis RPG atau open world.

Bagaimana tidak ciut, ketika bertarung menghadapi musuh kuat tiba-tiba pedang hancur dan tentu damage pedang bakal menurun drastis yang membuat kita harus melakukan opsi cepat. Melakukan repair atau menggantinya dengan senjata yang masih waras.

Hal seperti ini biasa terjadi di game seperti Legend of Zelda atau The Witcher 3. Jika ini terjadi siapkan mental bro!

Munculnya laba-laba raksasa bisa terjadi di game mana saja. Bayangkan, kita sedang asyik berjalan tiba-tiba ada laba-laba besar yang menyerang kita. Hal seperti ini bisa terjadi di game mana saja, bahkan game aksi yang tidak horor sekalipun.

Jangan kaget sih jika hal ini terjadi karena sejatinya sang laba-laba besar hanya menakutkan secara tampilan tapi tidak menakutkan secara kekuatan. Saat ini hal tersebut merupakan hal yang umum terjadi.

Melakukan Misi Sampingan Sebelum Misi Utama

Fallout 4

Biasanya hal ini terjadi di beberapa game. Bayangkan, awalnya kita disuruh untuk melakukan sebuah misi besar, namun sebelum melakukannya kita diharuskan melakukan misi sampingan yang remeh temeh dengan dalih persiapan menjelang misi tersebut.


CONTINUE READING BELOW


Hal ini memang bagus, tapi sangat menyita waktu jika hal yang dilakukan sangat banyak tentunya. Biasanya hampir setiap genre game terjadi hal seperti ini terutama di industri game modern seperti sekarang ini.

Karakter Utama Direndahkan

Bayangkan, kalian telah melakukan upgrade kemampuan dan senjata selama belasan jam, tapi kemudian ada satu momen di mana semua yang telah kalian kumpulkan dihilangkan oleh game. Menyedihkan? Sudah pasti tentunya. Setelah menghadapi momen tersebut dengan tegar, barulah semua yang kalian miliki dikembalikan.

Banyak sekali yang terjadi seperti ini. Kita sebagai gamer tentu hanya gigit jari melihat apa yang terjadi. Tapi kembali lagi, hal seperti ini terkadang membuat permainan video game seru, apalagi jika momennya pas dengan jalan cerita yang kita hadapi.


Sepertinya itulah beberapa hal mustahil di dalam game yang menjadi hal biasa sekarang ini. Mekanisme-mekanisme di atas pada dasarnya adalah mekanisme baru yang semakin disempurnakan saat ini demi gamer mendapatkan pengalaman impresif.

Gimana? Dari 10 mekanisme mustahil tersebut, mana yang menurut kalian paling menyusahkan? Silakan tulis pengalaman kalian di kolom komentar ya guys.