4 Klub yang Diprediksi Akan Masuk 4 Besar di Liga Inggris 2019-2020

Posted on

IDNation.net – Pada dekade 2000 ini Liga Inggris begitu lekat dengan sebutan Big Four alias empat klub besar. Manchester United, Arsenal, Chelsea, dan Liverpool, secara bergantian menguasai empat posisi teratas di klasemen akhir yang menggaransi peluang masuk ke kompetesi antarklub Eropa, Liga Champions.

Dominasi keempat klub itu mulai terganggu memasuki dekade 2010 ketika Manchester City, Tottenham Hotspur, dan Leicester City menggeliat. Buktinya, Arsenal dan Man United bahkan tidak masuk empat besar pada Liga Inggris 2018-2019 yang diisi Man City, Liverpool, Tottenham Hotspur, dan Chelsea.

Tentu setiap klub menargetkan berada di posisi puncak pada akhir musim. Apabila target sulit direalisasi, maka berada di empat besar sudah dirasa cukup untuk menjaga gengsi sekaligus pundi-pundi pemasukan. Meski baru 11 pekan bergulir, sudah terlihat setidaknya empat klub yang akan finis di posisi empat besar pada akhir musim Liga Inggris 2019-2020.

Berikut deretan empat klub teratas tersebut, melansir dari Sportskeeda, Selasa (5/11/2019).

1. Liverpool

Penghuni puncak klasemen ini masih belum terkalahkan hingga pekan 11. Liverpool sudah beberapa kali hampir merasakan pil pahit sepanjang 11 pekan Liga Inggris 2019-2020, di antaranya ketika menghadapi Manchester United dan Aston Villa. Namun, mereka selalu berhasil keluar dari situasi sulit tersebut.

Liverpool bahkan digadang-gadang sebagai calon kuat juara Liga Inggris 2019-2020 guna mengakhiri dahaga trofi liga 30 tahun terakhir. The Reds menang 10 kali dan baru bermain imbang satu kali sehingga mengoleksi 31 angka.

Berkaca pada tren positif yang dimiliki Mohamed Salah dan kawan-kawan, amat sulit melihat Liverpool terlempar dari empat besar di akhir musim. Pertanyaan besarnya adalah, apakah anak asuh Jurgen Klopp bisa bertahan di puncak atau tidak.

2. Manchester City

Sang juara bertahan Liga Inggris masih berada di posisi dua hingga memasuki pekan 11. The Citizens meraup 25 poin hasil dari delapan kali menang, satu imbang, dan dua kali kalah. Selisih enam poin dengan Liverpool sangat mungkin terkejar mengingat masih ada 27 pekan tersisa.

Belum lagi, Man City akan menghadapi Liverpool akhir pekan ini di Stadion Anfield. Sergio Aguero dan kawan-kawan tentu mengincar tiga poin demi memuluskan ambisi meraih empat gelar juara sekaligus dalam satu musim kompetisi.

Konsisten menghuni empat besar sejak akhir musim 2011-2012, bukan tidak mungkin Man City akan tetap berada di jajaran teratas hingga pekan 38 nanti. Sama seperti Liverpool, pertanyaan terbesar adalah pada posisi mana anak asuh Pep Guardiola akan mengakhiri liga.


3. Leicester City 

Kampiun Liga Inggris 2015-2016 ini seakan mengalami kebangkitan kedua di bawah asuhan Brendan Rodgers. Walau kehilangan Harry Maguire yang hengkang ke Man United di awal musim, The Foxes nyatanya tidak limbung berkat pemain dengan kualitas merata pada setiap lini.

Leicester City kini sedang duduk di peringkat tiga dengan 23 poin hasil dari tujuh menang, dua imbang, dan dua kali kalah. Selisih tim yang bermarkas di Stadion King Power itu dengan Liverpool masih cukup terjangkau, yakni delapan poin.

Posisi Jamie Vardy dan kolega juga cukup aman dari kejaran tim-tim di luar empat besar. Leicester City terpaut masing-masing enam dan lima angka dari Arsenal (peringkat lima) dan Sheffield United (peringkat enam) sehingga kemungkinan besar akan kembali merasakan latar Liga Champions musim depan.

4. Chelsea

Awal yang buruk harus dirasakan Chelsea pada era kepelatihan Frank Lampard. Si Biru dipermalukan 0-4 oleh Man United di Stadion Old Trafford dan baru meraih kemenangan pada partai ketiga. Namun, laju tim yang berlokasi di London Barat itu malah semakin kencang hingga pekan 11.

Chelsea meraih kemenangan dalam lima laga terakhir di Liga Inggris serta baru dua kali kalah sepanjang musim 2019-2020. Meski bermodalkan pasukan muda seperti Mason Mount dan Tammy Abraham, pemilik enam gelar juara Liga Inggris itu mampu merangsek ke empat besar.

Sayangnya, di antara empat tim penghuni zona Liga Champions, posisi Chelsea adalah yang paling rawan. Klub yang dimiliki Roman Abramovich itu nangkring di posisi empat dengan 23 angka, sama seperti Leicester City. Selisih tersebut masih bisa dikejar oleh tim-tim di bawahnya asalkan bisa konsisten hingga akhir musim.

Sumber : bola.okezone.com

The post 4 Klub yang Diprediksi Akan Masuk 4 Besar di Liga Inggris 2019-2020 appeared first on IDNation.