6 pemandangan indah yang bisa kalian lihat di sekitar Tokyo. Cocok untuk pendaki gunung!

Posted on

Bagi kalian yang suka mendaki gunung dan sekaligus ingin menikmati betapa indahnya pemandangan alam di Jepang. Ada beberapa pilihan dari tingkat pendakian yang mudah hingga pendakian tingkat sulit yang bisa kamu capai di sekitar Tokyo loh! Walaupun sebenarnya banyakkk sekali gunung dengan pemandangan alam yang sangat bagus bisa kamu temui di Jepang sana. Namun untuk artikel kali ini, yuk kita bahas dulu tentang tempat mendaki yang berada tidak jauh dari Tokyo.

Tingkat Mendaki yang Mudah

Berikut adalah pilihan tempat mendaki yang mudah dan bisa lebih bersantai dalam menjelajahinya serta kamu juga sekaligus mendapatkan pemandangan yang indah tanpa harus sakit badan..hehe.

Musashi Kyuryo Shinrin National Park – 90 Menit dari Ikebukuro

img src: All About Japan

Taman nasional ini memiliki luas yang sangat besar. Lebih dari 3 Km² (304 hektar) untuk kamu bisa menjelajahi semua area ini. Dimulai dari jalur hiking yang kecil hingga ladang bunga Musashi Kyuryo Shinrin Park dapat memanjakan dan menghibur kalian selama beberapa jam. Terlihat dari indahnya bunga Poppy Islandia di foto atas yang bisa kamu lihat mekar pada periode bulan April. Jika kalian suka bersepeda, kalian juga dapat menyewanya di sana.

Biaya masuk:

450 yen untuk orang dewasa (sekolah menengah ke atas) dan gratis untuk anak-anak, bisa menjadikan ini sebagai pilihan yang hemat bersama anak-anak maupun sendiri.

Stasiun Terdekat: Stasiun Shinrin-koen

Peta:

Website:

(www.shinrinkoen.jp)

 

Sayama Area Walking Courses – 45 Menit dari Ikebukuro

img src: All About Japan

Tempat ini merupakan dua waduk terpenting di Tokyo, Daerah Sayama Hills ini menawarkan pemandangan danau yang sanat bagus serta hutan yang dipenuhin banyak burung dan banyak pilihan hiburan di sekitar sana.

Ada beberapa pilihan untuk berjalan-jalan disini, seperti mengikutin jalur jalanan utama di sekitar Danau Tama sebari melewati beberapa taman utama dan beberapa kuil kecil.

Para penggemar film Ghibli juga dapat mengikuti perjalanan yang terinspirasi oleh film My Neighbor Totoro.

Stasiun Terdekat: Stasiun Seibukyujo-Mae

Peta Lokasi:

 

Tingkat Mendaki Menengah

Jika kalian sudah agak akrab dengan hiking, ada beberapa gunung di dekat Tokyo yang membutuhkan sedikit stamina sihh, tanpa tidak terlalu extreme.

Ome Kyuryo Hiking Course – 60 Menit dari Shinjuku

img src: All About Japan

Jalur yang menyenangkan bisa kamu dapat jika pergi ke tempat ini dari jalan naik hingga turun. Ada beberapa pilihan yang paling populer untuk kalian tempuh, dan jalur 11 kilometer (6,8 mil) ke Gunung Raiden (雷電 山) menjadi yang terpopuler. Mulai dari Stasiun Ome kemudian berjalan menuju Ome Railway Park (青梅 鉄 道 公園) untuk menemukan jalan masuk ke Ome Kyuryo (青梅 丘陵). Bagian pertama bisa dibilang cukup lancar , dan dalam perjalanan, kalian dapat berhenti di Kuil Konpira dan menikmati pemandangan kota dan pegunungan apabila ingin beristirahat terlebih dahulu.

Stasiun Terdekat: Stasiun Ome

Cara menuju ke sana dalam 60 menit: dari Stasiun Shinjuku gunakan kereta cepat khusus JR Chuo Line untuk Ome, yang dikenal sebagai Ome Tokkai (青梅 特快) dan turun di pemberhentian terakhir.

Akses menggunakan kereta

Peta Lokasi:

Website:

(www.omekanko.gr.jp)

 

Gunung Mitake di Okutama – 90 Menit dari Shinjuku

img src: All About Japan

Tempat ini menjadi salah satu destinasi yang paling populer di Tokyo sekarang-sekarang ini, karena selain tidak terlalu jauh dari kota, kalian bisa menikmati bersihnya alam dan jalan setapak serta kuil yang menawan membuat Gunung Mitake ini terkenal bagi para pendaki.

Tergantung pada keinginan dan tingkat kesehatan fisik kalian, kalian juga dapat memilih berbagai jalur yang ingin kalian tempuh apabila kesini. Cara termudah adalah menggunakan kereta gantu ke Musashi Shrine, cukup ikuti jalan yang akan membawa kalian melewati desa kecil di puncak gunung.

Untuk mendapatkan keindahan yang sempurna kamu bisa tempuh sekitar 2 jam mendaki menuju ke Rock Garden, dimana sepanjang perjalanan kalian dapat menyusuri lembah sungai kecil dengan air terjun yang sangat cantik serta pohon-pohon tinggi yang indah.

Namun jika kalian mencari lebih banyak tantangan, kalian bisa mengikuti tanda-tanda untuk masuk ke jalan setapak yang mengarah ke puncak Gunung Otake di sekitar sana yang tingginya 1,267 meter (4156 kaki). Diatas sana kalian bisa menikmati pemandangan yang indah diatas rantai gunung. Adapula pilihan lainnya adalah mengambil langkah dari kuil ke Gunung Hinode, yang sedikit lebih rendah pada ketinggian 902 meter (2959 kaki) dan dikenal karena bunga-bunga yang mekar di sepanjang perjalanan kalian.

Untuk mendapatkan informasi lengkap tentang jalur pendakian ini , kalian bisa memintanya di Mitake Visitor Centre, yang terletak antara parkir mobil dan Musashi mitake Shrine.

Stasiun Terdekat: Stasiun Mitake

Cara menuju ke sana dalam 90 menit: Naik kereta cepat JR Chuo Line menuju Ome dan turun di Ome. Transfer ke JR Ome Line menuju Okutama, dan turun di Mitake. Berjalan kaki tidak jauh dari stasiun ada halte bus di mana kamu dapat naik bus yang akan membawa kalian ke kereta gantung.

Peta Lokasi:

Website:

(mitaketozan.co.jp)

 

Tingkat Mendaki Serius

Gunakan sepatu hiking kalian untuk pendakian kali ini ke pegunungan yang sangat indah di sekitar Tokyo. Pastikan juga sebelumnya mendapatkan informasi yang tepat sebelum berangkat ke tempat-tempat seperti ini, karena ada yang jalur-jalur dengan penunjuk masih dalam berbahasa Jepang (alias tidak ada bahasa inggrisnya..hehe).

Koburi Pass dan Yukade – 70 Menit dari Ikebukuro

img src: All About Japan

Sebuah permata yang tersembunyi yang dikenal berdekatan dengan prefektur Saitama, pendakian yang bisa kalian tempuh dapat dilakukan di kedua arah.

Jika kalian ingin mencoba “berkeringat” terlebih dahulu kemudian kamu bisa menikmati perjalanan lebih santai, mulailah mendaki dari stasiun Higashi agano menuju ke jalan setapak yang berada tepat di belakang Fukutoku-ji Temple (福 徳 寺). Kalian bisa ikuti tanda-tanda untuk Yugate (ユ ガ テ), sebuah tempat kecil yang indah serta dipenuhi dengan bunga-bunga mekar dan ladang-ladang kuno. Dari sini, bagian tersulit dalam pendakian dimulai yang akan membawa kalian naik turun melalui hutan hingga kalian mencapai Kuil Suwa (諏 訪 神社). Setelah kalian cukup mengatur nafas, kalian akan berlanjut menuju puncak pendakian, Koburi Pass (顔 振 峠). Di perjalanan, kalian akan melihat bagian jalanan yang sudah beraspal dan kalian bisa rehat sejenak karena menemukan beberapa toko mie yang lucu dan mengadap ke lembah, tempat ini sangat indah selama musim bunga sakura.

Stasiun Terdekat: Agano atau Stasiun Higashi Agano

Cara ke sana dalam 70 menit: dari Stasiun Ikebukuro, ambil Red Arrow Limited Express di Seibu Line, dan naik sampai Hanno. Di sini kalian akan beralih ke Jalur Seibu Chichibu ke Agano atau Higashi Agano. AKamu juga dapat menggunakan kereta ekspres reguler ke Hanno, yang akan melanjutkan perjalanan tambahan selama 10 menit.

Peta Lokasi:

 

Gunung Tanzawa – 80 Menit dari Shinjuku

img src: All About Japan

Menawarkan pemandangan fantastis diatas Gunung Fuji dan Tokyo, Tanzawa merupakan pilihan yang tepat untuk pejalan kaki yang relatif lebih sehat. Perjalanan ini akan membawa kalian melalui tempat yang bagus dari Taman Nasional Quasi-Tazawa Oyama. Walaupun perjalanan kalian menuju puncak gunung bisa dibilang curam, namun ini bisa menjadi ajang untuk kalian melatih skill hiking kalian disini.

Pastikan sebelum kalian berangkat untuk membawa air minum dan cemilan, karena tidak banyak tempat untuk kalian membeli persediaan setelah post pertama, dan jika kalian berkunjung kesini selama off season, mungkin beberapa fasilitas akan tutup.

Stasiun Terdekat: Stasiun Shibusawa

Cara menuju ke sana dalam 80 menit: Dari Stasiun Shinjuku gunakan kereta cepat ekspres khusus menuju Odawara dan turun di Stasiun Shibusawa. Dari stasiun, naik bus ke Okura (大 倉) yang akan menurunkan kalian di ujung jalan.

Peta Lokasi:

 

Tempat Pendakian Lainnya?

Tadi adalah hanya sebagian dari daftar beberapa gunung yang bisa kalian daki sekitar Tokyo, namun sebenernya ada beberapa gunung lainnya yang bisa kalian daki juga, seperti Gunung Takao yang bisa kalian tempuh sekitar 50 menit dari pusat Tokyo atau Lembah Yoro yang memakan waktu perjalanan sekitar 2 jam dari Tokyo yang terkenal dengan jalur sungai yang indah.

Sebisa mungkin kalian menggunakan JR Pass dan memanfaatkannya sebaik mungkin untuk menghemat perjalanan kalian.

Jadiiii, Gunung mana yang kalian tertarik untuk coba?

The post 6 pemandangan indah yang bisa kalian lihat di sekitar Tokyo. Cocok untuk pendaki gunung! appeared first on Japanese Station.