8 Fakta Gridman, Tokusatsu Mirip Ultraman Tapi Bukan!

Posted on

Mungkin sebagian besar dari kamu di sini mengikuti kisah SSSS.Gridman, sebuah anime yang mengisahkan tentang pertarungan para “raksasa”, atau sebagian lagi mungkin mengikuti Denkou Chouji Gridman, versi Tokusatsunya, atau mungkin ada juga yang mengikuti Superhuman Samurai Syber Squad? Karena itu hari ini kita akan membahas fakta Gridman!

Jadi kira-kira, ada apa saja fakta Gridman yang akan kami bahas hari ini? Simak daftarnya di bawah ini sampai selesai, ya.

sumber: dokumentasi duniaku.net

Seperti yang disebutkan di atas, Gridman itu ada tiga versi, dan jika kamu suka dengan serial ini, coba deh kamu tonton satu persatu.

Untuk yang pertama, ada Denkou Choujin Gridmanyang tayang pada tahun 1993 sampai 1994. Berikutnya masih Tokusatsu juga, namun versi Amerika, yaitu Superhuman Samurai Syber Squad di tahun 1994 ketika versi Jepangnya tamat. Muncul versi Amerikanya karena saat itu sedang demam Power Rangers, dan Amerika berbondong-bondong membuat Tokusatsu saduran Jepang versi mereka, seperti Masked Rider, atau Power Rangers, dan Superhuman Samurai Syber Squad itu sendiri.

Nah versi ketiganya yang masih hangat dibahas, yaitu versi animenya, yang berjudul SSSS. Gridman, anime 12 episode yang baru akan tayang musim ini (ketika artikel ditulis).

sumber: dokumentasi duniaku.net

Ada alasan kenapa tajuk atau judul fakta Gridman ini adalah “Ultraman, tapi bukan”, karena Tsuburaya Productions.

Tsuburaya Productions adalah produser dan rumah produksi yang menciptakan Ultraman serta banyak Tokusatsu serupa yang hadir dari rumah produksi ini.

Gridman sendiri adalah Tokusatsu lain selain Ultraman karya Tsuburaya yang terbilang sukses, ditambah Gridman memiliki konsep yang unik, yaitu lebih bernuansa sci-fi dengan unsur mesin-mesinnya.

Sumber: Dokumentasi duniaku.net

Anime SSSS. Gridman adalah serial yang dihadirkan untuk memperingati perayaan 25 tahun serial ini.

Lahir pada tahun 1993, dan dibuat kembali pada tahun 2018 dalam bentuk anime. Pertanyaan muncul, kenapa dalam bentuk anime, bukan Tokusatsu lagi? Mungkin berkaitan dengan poin keempat di bawah nanti.

Meskipun begitu, SSSS. Gridman adalah anime yang dibuat reboot langsung atau hanya perubahan sedikit dari versi Tokusatsunya, dengan tujuan lain yaitu membawa Gridman ke abad 21 saat ini.

Tokusatsu Atau Super Robot?

sumber: dokumentasi duniaku.net

Sempat diperdebatkan, fakta Gridman ini membuat beberapa penonton menganggap Gridman lebih seperti serial Super Robot dibandingkan Tokusatsu.

Jika Super Sentai dan Power Rangers adalah setengah Tokusatsu dan setengah Super Robot, Gridmanjuga sebenarnya sama, namun unsur Super Robotnya benar-benar terasa.

Akan ada armor tambahan untuk Gridman, yang masalahnya benar-benar seperti konsep Super Robot, salah satunya King Gridman yang bisa kamu lihat gambarnya di atas.

Nah karena dibuat versi animenya, membuat nuansa Super Robotnya semakin kuat!

sumber: dokumentasi duniaku.net

Pada masanya, Gridman itu diciptakan untuk menunjukan teknologi terbaru dari Tsuburaya Productions, lho.

Memang teknologi barunya apa sih? Tsuburaya baru ingin menerapkan teknologi D-2 Digital Video dan juga CGI untuk spesial efek mereka.

Meskipun diciptakan hanya untuk pamer, namun serial ini menjadi populer, ditambah karakter dan ceritanya memang sangat menarik.


CONTINUE READING BELOW


sumber: dokumentasi duniaku.net

Kamu tahu siapa yang menjadi badut IT atau Pennywhise versi jadul? Dia adalah aktor dari Amerika, yaitu Tim Curry, dan fakta Gridman mengatakan bahwa dia terlibat di dalam serial Superhuman Samurai Syber Squad alias Gridman versi Amerika!

Dia menjadi Kilokahn, yaitu musuh utama di dalam serial ini. Wajahnya yang bisa menjadi antagonis licik nan jahat sepertinya cocok memerankan karakter ini.

Sayangnya, wajah Tim Curry tidak muncul, karena dia hanya menyuarakan Kilokahn saja.

sumber: dokumentasi duniaku.net

Sama seperti Ultraman, Gridman juga hanya memiliki waktu tiga menit untuk bertarung di Bumi, karena sama, keduanya juga alien dari planet dan galaksi lain.

Gridman tidak sanggup lebih dari 3 menit karena teknologi yang ia gunakan untuk bertarung serta berubah tidak bisa lebih lama lagi, ya mirip-mirip juga dengan Ultraman.

sumber: dokumentasi duniaku.net

Pada masanya, semuanya dibuat seperti dunia maju (ya atau lebih tepatnya seperti saat ini namun lebih aneh) di mana semuanya berkaitan dengan internet, dan juga teknologi canggih.

Ketika tahun 1993, tema ini terkesan sangat wah, namun versi animenya terasa lebih masuk akal dan bisa diterima oleh era ini.

Di animenya sama semuanya serba online, dan juga sama seperti saat ini, semuanya memiliki smartphone atau komputer canggih, karena penuh teknologi adalah tema dari serial ini.


Itulah 8 fakta Gridman. Bagaimana menurutmu? Suka dengan serial ini? Silahkan tulis pendapatmu di kolom komentar, ya.