Adaptasi Manga Dies irae ~Amantes amentes~ Harus Berakhir Prematur

Posted on

Adaptasi manga dari novel visual “Dies irae ~Amantes amentes~” harus berakhir pada terbitan bulan September majalah Dengeki Maoh. Keterangan dalam majalah milik Kadokawa ini menjelaskan bahwa seri manga buatan Kazumi Minatogawa ini terpaksa diakhiri dikarenakan alasan tertentu. Beberapa bulan lalu, developer novel visual Dies irae, Light harus dibubarkan setelah perusahaan induk mereka, Greenwood Co., Ltd resmi berhenti beroperasi.

Kazuomi Minatogawa meluncurkan manga ini pada 27 Januari 2016 di majalah Dengeki Maoh. Pada 23 Maret lalu, Kadokawa telah menerbitkan dan memasarkan keempat volumenya. Pada 26 Juli lalu, Minatogawa sendiri sudah mengumumkan pemberhentian manga yang ia buat. Ia sendiri juga cukup menyesali berakhirnya manga ini dikarenakan keseluruhan cerita belum ditampilkan sehingga terkesan ‘setengah matang’.

Manga Dies irae merupakan adaptasi dari novel visual karya Light


Novel visual Dies irae –Also sprach Zarathustra- pertama kali dirilis pada 21 Desember 2007 oleh developer Light untuk platform PC. Kemudian Dies irae Also sprach Zarathustra –die Wiederkunft- dirilis pada 24 Juli 2009 dengan penambahan skenario. Tidak hanya itu, di tahun yang sama Light juga merilis Dies irae ~Acta est Fabula~ dan sebuah patch Dies irae Also sprach Zarathustra ~Acta est Fabula~ – Scharlachrot Grun-. Light kemudian merilis Dies irae ~Amantes amentes~ untuk platform PSP pada Juni 2012 dan untuk platform PC pada Agustus 2012. Tidak hanya itu, sebuah porting smartphone untuk Android dan iOS juga dirilis. Untuk versi Nintendo Switch telah dipasarkan pada Oktober 2018. Pihak penerbit juga merilis Dies irae ~Interview with Kaziklu Bey~ yang merupakan sebuah spin-off novel visual utamanya pada Maret 2016.

Versi terjemahan bahasa Inggris juga telah dirilis oleh views Co., Ltd. di Steam pada Juni 2017. Light sendiri sebelumnya meluncurkan sebuah laman Kickstarter untuk melokalisasi game mereka pada Desember 2016. Proses pengumpulan dana telah tercapai pada Januari 2017 dengan total kurang lebih 160.000 Dolar Amerika Serikat.

Novel visual Dies irae telah mendapat adaptasi anime yang diproduksi oleh studio A.C.G.T. Anime ini tayang selama 11 episode pada musim gugur tahun 2017. Sebelum penayangan seri televisinya, sebuah episode spesial (episode 0) ditampilkan pada 7 Oktober 2017. Kemudian dari studio yang sama juga memproduksi seri sekuelnya dengan total 6 episode dengan format ONA. Sekuel ini ditayangkan pada 1 Juli 2018.

Sumber: ANN