Botchan: Replika Lokomotif Uap Era Meiji

Posted on

Lokomotif Botchan (Botchan Ressha) adalah sebuah kereta replika bertenaga diesel untuk wisata yang dibuat berdasarkan kereta uap Iyo Railway yang pernah berjalan di Kota Matsuyama, Prefektur Ehime dari tahun 1888. Nama Botchan berasal dari novel karya Soseki Natsume, seorang penulis yang sangat terkenal dan dianggap sebagai salah satu penulis terbaik dalam sejarah Jepang modern.

Soseki Natsume (gambar: wiki)

Kereta Botchan yang diperkenalkan pada tahun 2001 ini memiliki kecepatan yang bisa dibilang lambat jika dibandingkan dengan kereta trem lainnya yang menghubungkan kota. Dan meskipun tidak menggunakan mesin uap seperti aslinya, kereta kecil yang tidak dapat berputar ini memiliki daya tariknya tersendiri dan populer dikalangan lokal dan wisatawan, baik anak-anak maupun dewasa.

Botchan
(gambar: JNTO)

Kereta dengan interior kayu gelap ini memiliki gerbong penumpang dengan kapasitas 36 orang, yang dijelaskan oleh Soseki dalam novelnya sebagai ‘kotak korek api’. Kereta ini berangkat dari stasiun Kota Matsuyama disekitar Kastil Matsuyama dan melewati jalan perbelanjaan pusat Okaido ke stasiun Dogo Onsen. Setelah berhenti dan semua penumpang turun, lalu kru kereta mengumumkan bagi para penumpang untuk mengikuti mereka hingga akhir jalur untuk melihat kejutan: memutar kereta Botchan.


(gambar: Daichi // CC BY-SA 3.0)

Botchan tidak berada di rute melingkar, jadi ketika mencapai kedua ujung rute para kru kereta yang juga memakai seragam yang dibuat mirip dengan jaman aslinya, harus melepaskan kereta penumpang kemudian mengangkat Botchan dan memutarnya dengan tangan. Dan setelahnya kereta kecil ini akan berangkat lagi ke tempat sebelumnya.

Ada juga Museum Kereta Botchan di sebelah stasiun kota Matsuyama, bagi mereka yang ingin tahu lebih banyak tentang sejarah kereta ini.

Jam Beroperasi: 09.30-17.33
Rute: Stasiun Dogo Onsen – Stasiun Kota Matsuyama (20 menit perjalanan)
Stasiun Dogo Onsen – Stasiun Komachi (33 menit perjalanan)
Tiket: 800 yen (Dewasa), 400 yen (anak-anak)
Website

 

Featured image: Visit Ehime Japan
Source: GaijinPot

The post Botchan: Replika Lokomotif Uap Era Meiji appeared first on Japanese Station.