Developer Sprite Hidup Kembali dan Umumkan Proyek Aokana EXTRA2

Posted on

Bertepatan dengan perayaan 5 tahun dirilisnya novel visual “Ao no Kanata no Four Rhythm”, developer Sprite umumkan berita bahagia. Developer yang sejatinya berhenti beroperasi sejak November 2018 ini umumkan staf-staf mereka kembali dan mengaktifkan kembali operasi mereka. Proyek “Ao no Kanata no Four Rhytm EXTRA2” juga diumumkan, dan kini masih dalam tahap perencanaan dan pertimbangan.

Isi dari pernyataan tersebut adalah:

Staf bersatu kembali dan Sprite telah kembali!

Sprite sebenarnya mengakhiri aktifitas sejak perilisan “Four Rhythm Perfect Edition” pada November 2018.

Setelah itu, kami mendapatkan permintaan reorganisasi dari para penggemar kami, dan ada keinginan untuk melakukan produksi sebagai mantan anggota sprite, dan studio produksi “S-WORKS” menjadi badan induk dan “sprite” telah direorganisasi.

Saya ingin meminta maaf kepada para penggemar untuk ketidaknyamanan dan kecemasannya.

Saya ingin berterima kasih kepada semuanya yang telah bekerja sama dalam reorganisasi.

Di masa depan, kami akan memproduksi “Ao no Kanata no Four Rhythm EXTRA2”, akan tetapi kami sedang mempertimbangkan cara untuk mencapainya di tengah situasi saat ini. Kami berharap dapat mengumumkan laporan berikutnya pada Januari 2020, mohon untuk kesabarannya.

Kami menantikan terus dukungan dari kalian untuk sprite.


Penutupan developer/studio sprite ini sudah tercium sejak awal tahun 2018 dan isu tersebut dikonfirmasi menjadi kenyataan oleh Accel co. Ltd, induk dari studio fairys dan sprite. Sempat ada pernyataan resmi yang dirilis perusahaan induk ini mengenai ditransfernya staf-staf dari fairys menuju Fleet Co. Ltd pada 25 Mei 2018. Akan tetapi pernyataan tersebut langsung dihapus setelah bulan Mei berakhir.

Hingga kemudian akun Twitter @sprite_fairys mengabarkan pada 10 Februari 2019 bahwa mereka telah menangguhkan operasi produksi sejak November 2018 dan akan menutup studio pada akhir Maret 2019. Dalam pernyataan yang kini sudah dihapus, sprite memutuskan tidak akan membangkitkan studio mereka kembali di masa depan. Namun pihak sprite sendiri tidak menutup kemungkinan adanya studio/developer/perusahaan baru setelah penjualan IP dan merek dengan perusahaan berbeda dan juga dengan staf yang berbeda. Hingga muncullah berita bahagia pada hari hari ini.

Kabar baik ini tentunya tak luput dari para penggemar atau netizen yang cukup dibuat kaget dengan pengumuman ini. Banyak yang berkomentar dengan ucapan selamat datang kembali, hingga ada yang menanyakan apakah ada uang yang datang dari langit. Saya sendiri cukup bahagia dengan berita ini, mengingat banyak proyek yang seharusnya dapat dikembangkan lebih jauh dari produk sprite. Dengan ini, kita hanya perlu bersabar dan berdoa sambil menunggu lampu hijau dari proses produksi proyek selanjutnya.

Sumber: Sprite