Disebut Sudah Layak Jadi Pelatih, Arterta Gantikan Emery di Arsenal?

Posted on

Arenabola.id – Manajer Manchester City, Josep Guardiola, memberikan komentar soal perjalanan karier sang asisten, yakni Mikel Arterta, di dunia kepelatihan. Guardiola menilai bahwa Arterta sudah layak mengemban tanggung jawab sebagai pelatih sebuah tim.

Sebagaimana diketahui sejak memutuskan pensiun sebagai pesepakbola, Arterta memang memulai karier baru di dunia kepelatihan. Arterta pun mendapatkan kesempatan menjadi asisten pelatih di Manchester City.

Meski perannya di Man City tidak terlalu banyak di terlihat, Arterta sebenarnya mempunyai tugas cukup vital di balik keberhasilan The Citizens mendominasi Liga Inggris dalam dua tahun terakhir. Situasi itu lantas memunculkan spekulasi mengenai kelanjutan karier Arterta di dunia kepelatihan.

Banyak yang mengait-kaitkan Arterta dengan mantan klubnya, yakni Arsenal, dalam beberapa bulan terakhir. Terlebih dengan serangkaian hasil minor yang didapat skuad The Gunners –julukan Arsenal– dalam beberapa laga terakhir yang mereka mainkan.

Guardiola sendiri menyebut bahwa Arterta memang sudah layak untuk melanjutkan karier kepelatihannya ke tahap yang lebih tinggi. Guardiola juga yakin bahwa Arterta bakal meraih kesuksesan di klub manapun yang dilatihnya.

“Dia (Arterta) dulu pemain yang luar biasa. Gelandang jangkar itu punya penglihatan akan apa saja yang terjadi di lapangan. Kalau Anda seorang penyerang, Anda cuma memikirkan gol-gol dan kiper yang mencoba menggagalkannya,” ucap Guardiola, seperti dikutip dari The Guardian, Kamis (28/11/2019).


“Akan tetapi saya merasa, gelandang tengah adalah sebuah pelajaran yang luar biasa dalam periode Anda sebagai pemain sepakbola. Anda tak perlu pergi ke sekolah lagi untuk memahami dan membaca permainan,” sambung juru taktik asal Spanyol tersebut.

“Lebih dari itu, dia adalah seorang manusia yang luar biasa dan pekerja keras. Saya bilang setelah beberapa bulan bekerja bersama, bahwa dia akan jadi seorang manajer. Dia sudah merupakan seorang manajer, dia bersikap seperti seorang manajer,” tutupnya.

 

Sumber : bola.okezone.com

The post Disebut Sudah Layak Jadi Pelatih, Arterta Gantikan Emery di Arsenal? appeared first on Arenabola.id.