[Flashback Friday] Durarara!!

Posted on

Selamat datang kembali dalam serial Flashback Friday. Kali ini saya akan membahas adaptasi anime dari serial novel yang sudah populer sejak pertengahan 2000-an dan merupakan karya dari Ryohgo Narita. Tak perlu waktu lama, mari kita membahas Flashback Friday, “Durarara!!“.

Durarara!! merupakan novel ringan karya Ryohgo Narita dengan ilustrasi buatan Suzuhito Yasuda yang diluncurkan pada April 2004. Novel ini diterbitkan ASCII Media Works yang menggunakan label Dengeki Bunko. Novel ini diterbitkan sebanyak 13 volume dan tamat pada 10 Januari 2014. Narita kemudian meluncurkan sekuel novelnya dengan judul “Durarara!! SH” pada 10 April 2014. Sekuel novel ini telah diterbitkan sebanyak empat volume oleh Dengeki Bunko.

Adaptasi anime-nya diproduksi oleh studio Brain’s Base dan Shuka. Musim pertama yang diproduksi oleh Brain’s Base tayang pada Januari 2010 hingga 25 Juni 2010 dengan jumlah 24 episode(+ 1 episode spesial). Produksi anime ini kemudian berpindah ke studio Shuka dan menggunakan format tiga cour yang berbeda. Sekuel ini menggunakan judul utama “Durarara!!x2“. Detailnya sebagai berikut:

  • Cour pertama menggunakan tambahan judul “Shou” yang berarti “Pemahaman”. Mulai tayang pada Juli 2015.
  • Cour kedua menggunakan tambahan judul “Ten” yang berarti “Gerakan”. Mulai tayang pada Januari 2016.
  • Cour ketiga menggunakan tambahan judul “Ketsu” yang berarti “Kesimpulan”. Mulai tayang pada Juli 2016.

Sinopsis

Di pusat distrik Ikebukuro kota Tokyo, di tengah berbagai rumor aneh dan peringatan akan geng tanpa identitas dan orang berbahaya, terdapat legenda yang menonjol dari semuanya—“Eksistensi dari Pengendara Gelap Tanpa Kepala” yang pernah terlihat mengendarai motor jet berwarna hitam menyusuri jalan-jalan kota.

Mikado Ryuugamine selalu dipenuhi kebahagiaan dengan kehidupan kota, dan sebuah undangan dari teman masa kecilnya meyakinkannya untuk berpindah ke Tokyo. Menyaksikan sendiri Pengendara Hitam di hari pertamanya di kota, harapan Mikado tampaknya telah terpenuhi. Namun peristiwa supranatural mulai terjadi, warga kota sepertinya bersama dengan penduduk berwarna di Ikebukuro, bercampur dalam keramaian yang memecah kota mereka.

Character

Izaya Orihara (CV: Hiroshi Kamiya)

Manusia kampret licik yang sering sekali melakukan observasi terhadap manusia yang ia rasa menarik di Ikebukuro. Izaya juga seorang broker informasi bagi setiap pihak yang membutuhkannya. Setiap peristiwa yang terjadi di kota Ikebukuro sebagian besar melibatkan namanya, entah itu dengan kesengajaan atau tanpa kesengajaan. Di forum Dollars, laki-laki yang memiliki kemampuan parkour ini menggunakan nama Kanra, Nakura, dan Chrome.

Shizuo Heiwajima (CV: Daisuke Ono)

Laki-laki berambut pirang yang sering menggunakan seragam bartender dan kacamata hitam ini sering keliling di distrik Ikebukuro bersama Tom Tanaka sebagai bodyguard-nya. Shizuo dikenal juga sebagai petarung dengan kemampuan di atas manusia biasanya dan ditakuti di seluruh distrik kota. Ia juga memiliki seorang adik kandung yang menjadi aktor populer yang bernama Kasuka. Izaya menjadi musuh bebuyutannya sejak masa SMA, dan berniat ingin melukainya hingga membunuhnya.

Anri Sonohara (CV: Kana Hanazawa)

Siswi berkacamata dari Raira Academy dan teman dekat dari Masaomi dan Mikado. Anri memiliki tubuh yang langsing proporsional dengan dada yang cukup besar, dan ini membuatnya mendapat perhatian mesum dari siswa, guru, hingga orang-orang lain. Ia memiliki masa lalu yang buruk dari keluarganya dan memiliki pedang Saika yang dapat mengontrol siapapun yang terkena sabetan senjata itu. Pedang ini didapatkannya dari ibunya yang sebelumnya membunuh ayah kandungnya sebelum menyayat lehernya sendiri. Ia juga menggunakan nama Saika dalam forum Dollars. Sepanjang serial berjalan, Anri juga menjalin hubungan pertemanan dengan Celty dan Erika.

Mikado Ryuugamine (CV: Toshiyuki Toyonaga)

Siswa pindahan di Raira Academy yang diundang langsung oleh Masaomi. Mikado memiliki sifat yang sopan dan naif, namun memiliki sisi yang motivatif terutama terhadap teman-teman terdekatnya. Ada saatnya ia menunjukan sisi terpendamnya sebagai manusia manipulatif dan tanpa ampun, seperti saat sudah dibutakan oleh tujuannya. Mikado merupakan pendiri dari Dollars, dan sempat menjabat menjadi pemimpin dari Blue Squares. Dalam forumnya ia menggunakan nama TarouTanaka. Ia juga menaruh perasaan terhadap Anri, namun dirinya mengedepankan hubungan pertemanannya terlebih dahulu dengan Masaomi dan Anri.

Masaomi Kida (CV: Mamoru Miyano)

Teman masa kecil Mikado yang juga siswa di Raira Academy. Siswa yang cukup ramah ini juga mudah sekali jatuh cinta terhadap perempuan yang ia anggap cantik, namun selalu gagal dalam mendapatkan pasangan. Tanpa sepengetahuan Mikado, Masaomi merupakan pemimpin dari Yellow Scarves yang kerap berulah anarkis di distrik Ikebukuro. Ia juga sering melindungi Anri dari upaya pelecehan seksual Takashi Nasujima, guru di sekolahnya. Setelah rentetan arc dilewati, Masaomi kembali menjalin hubungan asmara dengan Saki Mikajima.

Celty Sturluson (CV: Miyuki Sawashiro)

Dullahan yang jauh-jauh dari Irlandia ke Jepang demi mencari kepalanya yang dicuri seseorang. Di Ikebukuro, ia biasa dikenal dengan julukan “Pengendara Hitam” atau “Pengendara Tanpa Kepala”. Tinggal bersama Shinra, ia bekerja sebagai pengantar barang atau informasi dari berbagai organisasi termasuk milik Izaya. Mobilisasinya terbantu oleh Shooter, bayangan yang merupakan jelmaan dari Couste Bodhar. Meskipun memiliki kekuatan yang kuat, ia memiliki phobia terhadap makhluk asing seperti alien. Saya pikir Celty disini lebih “manusia” daripada karakter lainnya. Di forum Dollars ia menggunakan nama Setton.

Shinra Kishitani (CV: Jun Fukuyama, Aoi Yuuki [4 Tahun], Mariya Ise [Sekolah Dasar])

Dokter bedah dan ilmuwan yang juga teman masa sekolah dari Izaya dan Shizuo. Sejak bertemu dengan Celty saat masih kecil, ia makin tertarik dengan fenomena aneh yang terjadi di lingkungannya. Hidup belasan tahun bersama Celty, Shinra juga menaruh perasaan terhadapnya dan peluang hubungan keduanya tidak diabaikan oleh Celty sendiri. Ayahnya merupakan ahli bedah yang juga mengajarkannya tentang tubuh manusia sejak masih balita. Rumor beredar bahwa ia pernah mendapatkan pengakuan perasaan oleh seorang gadis saat masih SMA, namun Shinra menolaknya dengan kalimat, “Tapi kau punya kepala”.


Kyouhei Kadota (CV: Yuuichi Nakamura)

Mantan anggota Blue Squares yang membelot dan membentuk geng “Van Gang” bersama Yumasaki, Togusa dan Karisawa. Secara teknis ia juga merupakan anggota Dollars dengan nama MONTA. Laki-laki dengan tinggi badan 183 cm ini sering terlihat menggunakan jaket kehijauan dan topi berwarna hitam. Biasa juga dipanggil Dotachin oleh teman-temannya, ia dikenal tak pandang bulu dalam membantu sesama orang yang juga menjadi stereotip utamanya.

Walker Yumasaki (CV: Yuuki Kaji)

Anggota Van Gang yang terlihat matanya yang selalu tertutup. Ia bersama Erika dikenal sebagai otaku novel ringan, anime dan manga yang selalu antusias dalam pembicaraan terkait topik kesukaannya. Meskipun begitu, ia sering menggunakan media ini sebagai referensi dalam menyiksa musuh-musuh yang menghampiri geng-nya. Banyak sekali yang beranggapan bahwa saat Yumasaki membuka matanya, maka di saat itulah ledakan api akan terjadi.

Saburou Togusa (CV: Takuma Terashima)

Togusa merupakan wota idol dari Ruri Hijiribe yang juga merupakan bagian dari Van Gang. Ia selalu mengendarai mobilnya saat bersama gengnya, dan sangat menyayangi kendaraannya ini. Amarahnya akan cepat melunjak saat ada orang atau kelompok yang merusak mobil kesayangannya. Selain mahir dalam mengendarai mobil, ia juga tangguh dalam pertarungan fisik hingga dapat melibas lima orang sekaligus. Di masa lalu, Ia dan Kadota sebenarnya bermusuhan, namun permusuhan ini berkembang menjadi persahabatan saat Kadota menyelamatkannya dari kelompok Purple Gambler.

Erika Karisawa (CV: Ayahi Takagaki)

Anggota Dollars yang juga bagian dari Van Gang. Duetnya saat membahas topik yang berkaitan dengan novel, manga dan anime adalah Walker Yamasaki. Erika juga seorang fujoshi garis depan dan sering sekali berfantasi liar saat Izaya dikejar-kejar oleh Shizuo. Meskipun begitu, ia memiliki sisi sadistik seperti Yamasaki dan sering sekali menyiksa musuh. Ia juga dekat dengan Anri dan membangun kelompok cosplay bersamanya.

Vorona (CV: M.A.O)

Salah satu dealer senjata ilegal dan pembunuh bayaran dari Rusia yang kabur ke Jepang. Gadis yang sikapnya kaku seperti robot ini sangat ketagihan dengan pertarungan fisik terutama terhadap yang lebih kuat darinya. Setelah sempat bekerja di Russian Sushi, Vorona ditugaskan menjadi bodyguard dari Tom Tanaka. Ia memandang tinggi Shizuo yang sebelumnya menjadi lawannya, dan kini menganggapnya sebagai senpai-nya. Saya harap mereka berdua bisa menjalin hubungan lebih dari ini.

Ruri Hijiribe/Hollywood (CV: Saki Fujita)

Ruri dengan Kasuka

Aktris, idol dan penata rias yang tumbuh dalam keluarga bangkrut yang punya masa lalu yang cukup gelap. Muncul sebagai pembunuh berantai dengan wujud Dhamphyr bernama Hollywood, nasibnya berubah setelah bertemu adik dari Shizuo, Kasuka. Hubungan keduanya kian dekat dan secara resmi menjadi pasangan.

Masih banyak karakter penting lain dari yang sudah disebutkan, terutama yang sering muncul seperti Kasane Kujiragi, Haruna Niekawa, Simon (Syemon), Jinnai Yodogiri, Chikage dan masih banyak lagi. Tak lupa juga dengan si kembar adik dari Izaya, Mairu dan Kururi yang berbau bunga lily pada gambar di atas.

Impresi

Saya butuh dua hari penuh untuk menonton ulang dan mencerna lagi plot serta sub-plot yang muncul dari musim pertamanya tayang. Meskipun hanya menceritakan material 13 volume novel dan diadaptasi menjadi 60 episode, saya kira kinerja Takahiro Oomori, Noboru Takagi dan staf lainnya sangat memuaskan. Mulai dari aspek penyusunan cerita yang rapi, ditambah dengan minimnya filler yang dirasa tak terlalu diperlukan, dan juga penyusunan dialog yang sedikit memusingkan namun masih sangat menarik untuk diikuti. Adanya selipan cuplikan video dari episode-episode sebelumnya pada lagu tema pembukanya, makin membantu saya juga untuk mengingat kembali konflik macam apa yang bakal berkaitan dengan episode yang akan ditayangkan. Semua konflik berhubungan satu sama lain dengan berbagai cabang dan dengan alur yang mengalir maju.

Mungkin banyak juga yang merasa bingung bahwa siapakah protagonis dari serial ini yang sebenarnya? Izaya? Mikado? Shizuo? Kadota? Saya sendiri kebingungan saat menyelesaikan musim keduanya, dan membuat saya penasaran apakah deuteragonis di serial ini malah menjadi antagonis atau protagonis, dan juga bisa sebaliknya. Kemunculan karakter-karakter baru juga membuat saya pusing dan harus memberikan waktu rehat untuk kepala saya. Sulit sekali untuk mengingat kembali nama-nama karakter yang sudah lama tak muncul, dan kemudian muncul lagi. Bahkan karakter seperti Haruna si cewek yandere, Togusa si sopir wota, Horada sang polisi lalu lintas, dan Akane sang loli cucu dari organisasi Awakusu-Kai masih sering saya lupakan.

Satu hal lain yang dapat diapresiasi dari adaptasi ini adalah konsistensi pengenalan dan pola animasi pembuka dan penutup dari musim pertama hingga terakhirnya. Tak bosan-bosannya mereka menampilkan pengenalan karakter utamanya, seolah mengetahui para penontonnya banyak yang sering lupa dengan nama mereka. Di bagian animasi penutup di setiap musimnya, mereka menggunakan pola yang sama yaitu setiap karakternya berhubungan dan menyambung dengan atau tanpa kontak secara langsung. Ngomongin animasi pembuka dan penutupnya, saya sangat menyukai lagu yang dibawakan Flow yang berjudul “Steppin’ out” dan PENGUIN RESEARCH yang berjudul “Joker ni Yoroshiku”. Lalu lagu tema mana yang kalian sukai dari serial ini?

Jangan lupa juga mengunjungi forum Dollars yang kini juga masih aktif!