Hokokuji, Kuil Buddha Dengan Hutan Bambu di Kamakura

Posted on

Kuil Hokokuji adalah sebuah kuil Zen yang terletak di Kamakura, Prefektur Kanagawa dan dikenal juga dengan sebutan Kuil Bambu. Terdapat taman bambu dengan lebih dari 2,000 pohon bambu yang berada di lingkungan kuil ini. Lokasinya yang terbilang jauh juga membuatnya tidak begitu ramai sehingga cocok untuk yang ingin bersantai menikmati ketenangan.

Hokokuji
©Houkokuji

Kuil Hokokuji dibangun pertama kali pada tahun 1334 oleh Tengan Eko untuk mengenang Ietoki Ashikaga, kakek dari Takauji Ashikaga Shogun pertama dari Keshogunan Ashikaga. Namun sebagian besar bangunan ini telah dibangun ulang karena hancur akibat gempa yang terjadi pada tahun 1923.

©Houkokuji

Saat memasuki gerbang kuil, terdapat jalur menuju bangunan kuil utama yang dikelilingi oleh sebuah taman kecil dengan pepohonan dan bunga-bunga. Didalam bangunan kuil terdapat patung Buddha Shaka Nyorai yang menjadi objek utama kuil ini. Disini juga terdapat gua yang digunakan sebagai makam dari para samurai dan pendeta penting bagi Kamakura. Dikabarkan juga bahwa abu dari keluarga Ashikaga termasuk Ietoki dan Yoshihisa dikuburkan disini.

Banyak warisan-warisan penting dari kuil ini yang disimpan di Museum Kamakura, termasuk Toki-Shu, salinan puisi China yang ditulis oleh pendiri kuil dan cap segelnya yang keduanya menjadi properti budaya penting negara Jepang.


©Houkokuji
Hokokuji
©Houkokuji

Kuil Hokokuji banyak menyimpan nilai sejarah, namun tetap paling dikenal dengan hutan bambunya yang berada di belakang bangunan utama kuil. Ada jalan kecil yang melintasi hutan bambu ini menuju ke sebuah tea house yang berada ditengah hutan bambu tersebut. Disini para pengunjung dapat mengagumi indahnya pemandangan hutan bambu sambil menikmati matcha.

Kuil Hokokuji
Alamat: 2-7-4 Jomyoji, Kamakura-shi, Kanagawa-ken
Jam buka: 09.00 – 16.00 (tutup 29 Desember – 3 Januari)
Biaya: 300 yen, Matcha 600 yen (dengan manisan kering)
Website

 

Sumber: japan-guide

The post Hokokuji, Kuil Buddha Dengan Hutan Bambu di Kamakura appeared first on Japanese Station.