Industri Anime Jepang Pecahkan Rekor Nilai Pasar untuk Keenam Kalinya

Posted on

Asosiasi Animasi Jepang (AJA) akan menerbitkan “Laporan Industri Anime 2019,” yang meneliti tren industri dari 2018, pada 9 Desember. Menurut preview dari laporan yang diterbitkan pada hari Jumat, pasar anime bernilai 2,1814 triliun yen pada tahun 2018, meningkat 0,9% dari tahun sebelumnya.

Industri ini telah mengalami pertumbuhan selama sembilan tahun terakhir, dan telah mencapai rekor tertinggi selama enam tahun berturut-turut. Nilai-nilai pada grafik mewakili nilai pasar untuk setiap tahun dalam satuan 100 juta yen.

Baik pasar domestik Jepang dan pasar luar negeri mengalami sedikit pertumbuhan pada tahun 2018. Pasar anime domestik Jepang tumbuh untuk pertama kalinya sejak 2014. Sementara itu, pasar anime luar negeri melampaui angka 1 triliun yen untuk pertama kali, meskipun pertumbuhan di pasar luar negeri melambat setelah kenaikan yang lebih stabil dalam beberapa tahun terakhir. Grafik di bawah ini menunjukkan pasar domestik dengan garis padat dan pasar luar negeri dengan garis putus-putus.


Segmen yang meningkat pada 2018 termasuk acara langsung, dengan pertumbuhan 23,1%, dan streaming, dengan pertumbuhan 10,2%. Di sisi lain, video rumahan dan pasar trademark merchandise menurun masing-masing sebesar 23,3% dan 4,4%. Tahun lalu menandai tahun kelima berturut-turut bahwa pasar video rumahan menurun.

Laporan lengkap untuk 2017 mencatat tahun lalu bahwa total durasi menit produksi untuk anime televisi melebihi 110.000 menit untuk tahun kelima secara berturut-turut. Pada saat yang sama, total jumlah siaran anime televisi turun 4,5%.

Dari data yang ada, bila dibandingkan tahun lalu momentum pertumbuhan bisa dibilang melambat. Entah apakah ini akibat pasar mulai mengkoreksi pertumbuhan yang ada atau pertumbuhan pasar mulai mendekati kebuntuan.

Sumber: ANN