Inilah Mobil Terlaris di Jepang pada Tahun 2018 Kemarin!

Posted on

Baru-baru ini Japan Automobile Dealers Association (JADA) mengeluarkan data penjualan mobil di Jepang untuk bulan Desember 2018 dan Januari hingga Desember 2018. Semenjak adanya data tersebut, baru bisa diukur mobil inilah yang terlaris di Jepang untuk tahun 2018. Hasilnya, mobil terlaris di Jepang 2018 jatuh kepada Nissan Note dengan angka penjualan 136.324.

aqua1706_12_s.jpg

Toyota Aqua yang selama ini menjadi kompetitor berat Nissan Note, penjualan untuk bulan Desember 2018 mengalahkan Note namun secara akumulasi dari Januari hingga Desember 2018 justru terkalahkan oleh Note. Hanya saja untuk mobil yang hanya tersedia mesin hybrid, Aqua masih memimpin pasar sedangkan Note masih tersedia mesin konvensional atau non-hybrid.

1.jpg

Seperti di Indonesia, mobil muat banyak juga termasuk yang diminati dan Nissan Serena menjadi mobil muat banyak terlaris di Jepang dari Januari hingga Desember 2018 dengan angka 99.865. Angka tersebut mengalahkan mobil muat banyak seperti Toyota Sienta yang harganya lebih murah dengan angka penjualan 94.048 serta kompetitornya Toyota Voxy dengan angka 90.759.

001-1.jpg


Toyota C-HR yang notabennya di Indonesia terlalu mahal justru menjadi SUV terlaris di Jepang selama 2 tahun berturut-turut dengan angka 76.756. Di Jepang C-HR memang termahal di kelasnya namun mahalnya tidak seperti di Indonesia yang harganya setara Mazda CX-5 atau Honda CR-V dengan dimensi lebih besar.  Saingan C-HR di Jepang justru Honda Vezel atau Honda HR-V yang mencetak angka 59.629 dan sepanjang tahun 2018 C-HR terus merajai pasar SUV di Jepang dari bulan ke bulan.

Dilihat dari nama mobilnya, compact car merupakan jenis mobil dengan permintaan tertinggi di Jepang. Compact car yang dimaksud bukan kei-car dengan batasan dimensi serta kapasitas mesin dan berplat kuning. Selain compact car, mesin hybrid dan sistem keselamatan preventif permintaannya juga tinggi di Jepang mengingat rata-rata mobil tersebut bermesin hybrid dan bersistem keselamatan preventif.

The post Inilah Mobil Terlaris di Jepang pada Tahun 2018 Kemarin! appeared first on Japanese Station.