[JOI Music] Ho-kago Tea Time

Posted on

Setelah minggu kemarin libur, hari Senin ini rubrik JOI Music kembali hadir. Untuk edisi ini, saya ingin membahas sebuah band yang sangat populer dikalangan para pecinta anime dan saya yakin kalian sudah pernah setidaknya mendengarkan salah satu lagu dari mereka. Siapakah mereka?

Ho-kago Tea Time

Ho-kago Tea Time adalah sebuah band yang berasal dari anime K-On!. Anggotanya adalah para karakter utama yang bersekolah di SMA Sakuragaoka dan tergabung dalam sebuah klub musik atau disebut dengan keionbu. Ho-kago Tea Time atau lebih gampang kalo kita sebut HTT memiliki lima anggota yaitu Yui Hirasawa, Mio Akiyama, Tsumugi Kotobuki, Ritsu Tainaka, dan Azusa Nakano.

Pada awalnya band ini tidak memiliki nama namun disebut dengan “Sakurakou K-ON Bu”. Kemudian setahun setelahnya atau saat mereka memiliki kouhai, bergabunglah Azusa Nakano. Ia adalah seorang murid kelas satu yang sedang mencari klub dan kebetulan ia tertarik untuk bergabung dengan klub. Dengan bergabungnya Azusa, band ini genap menjadi 5 orang hingga saat ini dan nama grup mereka menjadi Ho-kago Tea Time.

Kok namanya “Ho-kago Tea Time”? Asal usul nama band ini adalah kebiasaan dari mereka yang setelah pulang sekolah mereka berkumpul seperti biasa di ruangan klub. Lalu bukannya berlatih mereka malah minum teh, makan kue, dan bermalas malasan bersama, terutama Yui. Kemudian pembimbing mereka yang tak lain juga walikelas mereka yaitu Sawako Yamanaka-sensei memberi nama band tersebut “Ho-kago Tea Time”.

HTT adalah band dengan berbagai macam perpaduan genre musik seperti Rock & Roll, Pop Puck, Power Pop, Hard Rock, dan teradang dipadukan dengan alunan Jazz. Tapi lucunya genre yang mereka bawakan terkadang berlawanan dengan lirik yang ada di lagu mereka, karena kebanyakan liriknya mengenai sesuatu seperti makanan. HTT memang memiliki keunikan disini, karena mereka tidak bisa digolongkan sebagai band yang memiliki genre tunggal. Setiap membernya bermain dengan gaya mereka sendiri dan mereka dapat memadukan itu dengan sempurna.

Anggota Ho-kago Tea Time

Seperti yang saya tulis diatas, anggota HTT terdiri dari 5 orang yaitu Yui Hirasawa (Toyosaki Aki), Mio Akiyama (Hikasa Yoko), Tsumugi Kotobuki (Minako Kotobuki), Ritsu Tainaka (Satomi Satou), dan Azusa Nakano (Taketatsu Ayana). Memiliki keahlian apa saja kah mereka?

Mio Akiyama (Hikasa Yoko)

Kita mulai dari yang paling cakep “penggaggas” dulu. Mio adalah salah satu karakter dibalik awal berdirinya HTT. Mio sendiri “dipaksa” oleh Ritsu untuk masuk ke dalam klub ini. Mio adalah seorang bassist, memainkan alat musik bass berjenis Fender Jazz Bass 3-Color Sunburst dan ia memberikan nama pada bassnya “Elizabeth”. Uniknya, dia adalah bassist kidal. Selain bermain bass, Mio juga merupakan lead vocal HTT dan pandai dalam menulis lagu walaupun terkadang hasilnya aneh.

Ritsu Tainaka (Satomi Satou)

Kemudian sang jidat lebar drummer, Ritsu. Dia bersama Mio menjadi pelopor pendiri HTT sekaligus menjadi ketua klub musik. Alat musik yang ia mainkan adalah drum, dan jenis yang ia gunakan adalah Yamaha Hipgig Rick Marotta. Sebagai ketua klub, tentu dia adalah ketua yang baik. Selalu menemukan ide untuk memajukan klub nya.

Yui Hirasawa (Toyosaki Aki)

Lanjut ke gitaris pemalas kita, Yui. Seorang gadis yang ceria namun pemalas, merupakan pemain gitar dan sekaligus lead vocal untuk HTT. Gitar yang Yui mainkan berjenis Heritage Cherry Sunburst Gibson Les Paul Standard. Yui memberi nama gitarnya dengan nama “Gita”. Kemampuan Yui dalam bergitar bisa dibilang luar biasa. Dia memiliki kemampuan tala mutlak, sebuah kemampuan untuk menyetel gitarnya dengan sempurna tanpa garpu tala. Selain itu, Yui juga pandai untuk menulis lirik dan lagu.

Tsumugi Kotobuki (Minako Kotobuki)

Nah itu adalah “sultannya” HTT, Mugi-chan. Mugi adalah seorang keyboardist. Ia memainkan keyboard berjenis Korg Triton Extreme 76-key. Mugi bisa dibilang anak nyasar setelah awalnya ingin bergabung ke klub paduan suara. Kemudian ia diseret oleh Mio dan Ritsu untuk bergabung ke klub musik. Kemampuannya dalam bermain keyboard tak diragukan. Sejak umur 4 tahun Mugi sudah bermain piano dan sudah memenangi cukup banyak kompetisi piano.

Azusa Nakano (Taketatsu Ayana)

Member yang paling muda dan berbakat, dialah Azusa. Seorang gitaris juga yang selalu menemani Yui dalam setiap lagu. Azusa memainkan gitar berjenis atau bermerek Mustang Fender, dari mereknya itulah ia menamakan gitarnya Muttan. Walaupun paling muda, ia selalu menentang kegiatan bermalas malasan para senpai-nya tapi selalu berhasil diredam dengan kue manis kesukaannya. Azusa atau Azunyan sudah bermain gitar ketika masih duduk di kelas 4 SD.


Rekam Jejak HTT

Mio, Mugi, dan Ritsu memainkan lagu Tsubasa wo Kudasai di episode pertama

HTT dalam anime sudah beberapa kali tampil dengan full team. Lagu pertama yang muncul atau kalian dengar dari band ini adalah Opening pertama dari K-On! yaitu “Cagayake! GIRLS“. Kemudian penampilan pertama dalam animenya sendiri pada episode pertama, ketika itu hanya Mio, Ritsu, dan Mugi yang membawakan lagu “Tsubasa wo Kudasai” tanpa vokal.

Fuwa Fuwa Time di episode 6

Kemudian mereka tampil berempat pertama kali pada Festival sekolah di episode ke-6 dengan lagu “Fuwa Fuwa Time“. First live mereka di anime K-On! memang cukup berkesan, apalagi pasti kalian tidak akan melupakan tragedi pantsu nya Mio bukan?

Foto sebelum first live di Yokohama Arena

Apakah pernah HTT menggelar konser atau tampil di dunia nyata? Pernah kok, bahkan sampai dua kali lho. Konser pertama diadakan di Yokohama Arena pada 30 Desember 2009. Konser ini dinamakan “K-ON! Live Event ~Let’s Go!~“. Dalam konser ini juga diumumkan season ke-2 dari anime K-On. Pada konser ini, HTT membawakan kurang lebih 7 lagu yang sudah ada di season pertamanya seperti Cagayake Girls!, Fuwa Fuwa Time, dan Don’t say “lazy”. Kurang lebih ada 17 ribu penggemar yang memadati Yokohama Arena kala itu.

Konser kedua di Saitama Super Arena

Konser kedua yang diadakan di Saitama Super Arena pada tanggal 20 Februari 2011 juga sukses menghibur para fans. Sekitar 35 ribu fans meramaikan konser ini. HTT membawakan sekitar 17 lagu termasuk lagu baru yang ada di season ke-2 seperti Listen!!, Go Go Maniac, dan Tenshi ni Fureta yo!

Para anggota HTT  memainkan drama di konser kedua

Setelahnya, HTT tetap ada dan masih mewarnai dunia musik Jepang. Bahkan lagu lagunya telah di cover beberapa artis dan band lainnya seperti beberapa waktu lalu Poppin Party yang membawakan Fuwa Fuwa Time dan Suzuko Mimori berduet dengan Chihara Minori yang  membawakan Don’t Say “lazy”. Berikut adalah penampilan Poppin Party ketika membawakan lagu Fuwa Fuwa Time

today I will Share some clip concert againSong is Fuwa Fuwa Time Cover by Poppin PartyPoppin Party (Rimi, Aya, and Osae) – Fuwa Fuwa Time -Hoshizora-nyan

Posted by Poppin’Party『BanG Dream!』 on Monday, 31 July 2017

Lagu lagu apa saja yang direkomendasikan

Nah ini mulai bingung karena semua lagunya bagus-bagus. Sampai sekarang, HTT telah merilis kurang lebih 32 lagu yang terbalut dalam 11 single dan 2 mini album. Disini saya akan mengerucutkan 5 lagu yang saya rasa lagu terbaik dari band ini.

1. Gohan wa Okazu

Mungin ini bisa dikatakan lagu favorit saya, terutama untuk lagu dimana Yui sebagai lead vocal. Liriknya unik, dan nadanya juga bikin semangat. Untuk video diatas adalah penampilan HTT saat konser kedua.

2. Don’t Say “lazy”

Keren gila lagunya! Lagu ini menempatkan Mio sebagai lead vocal dan merupakan ending pertama dari anime K-On!

3. Tenshi ni Fureta yo!

Lagu yang memiliki efek aneh, ketika terlalu meresapi artinya tiba-tiba mata saya penuh dengan air. Yui dan Mio mengisi vokal dalam lagu ini. Video diatas juga merupakan konser kedua HTT.

4. Tsubasa wo Kudasai

Lagu legendaris yang ada di beberapa anime selain K-On! seperti Evangelion, Nichijou, dan Danganronpa 3. Uniknya, ketika lagu di cover oleh HTT, tempo nya berubah menjadi cepat dan lagunya terdengar menyenangkan. Bagi kalian yang bingung lagu ini ada dimana, lagu ini terletak di single “Fuwa Fuwa Time” dan ada di episode pertama anime nya.

5. No, Thank You

Kalo yang ini, lagu terbaik dimana Mio sebagai lead vocal. Masih di event konser kedua dari HTT. Lagu ini merupakan ending kedua di season 2 anime K-On!!

Penutup

Sebuah band yang sangat berkesan menurut saya, mungkin band ini lah yang menjadi kan saya atau sebagian dari kalian mengenal lebih jauh anime, atau sekedar suka dengan musik Jepang. Aura HTT masih ada hingga sekarang, apalagi sekarang cukup banyak band yang mirip seperti HTT juga mulai kembali bermunculan *lirik bandori.

Harapan saya sih, bisa liat perform mereka lagi diatas panggung suatu saat nanti. Walaupun agak sulit mengingat usia anggota mereka sudah tidak muda lagi dan tiga anggota mereka yaitu Hikasa Yoko, Toyosaki Aki, dan Satomi Satou juga sudah berkeluarga.

Sekian edisi JOI Music kali ini, sampai jumpa pada edisi selanjutnya.

Gambar: 1,2,3,4,5