[JOI Spotlight] Comfy Hiking Edition

Posted on

Selamat datang di JOI Spotlight kedua untuk November ini. Seperti biasa para staf JOI akan memberikan impresi untuk berbagai seri yang sudah hadir pada minggu yang ada weekend panjangnya ini.

Vinland Saga 17

Kaptain

There it is, the HORSE PUNCH. Kru Askellad dah resmi tamat dan secara efektif petarung yang masih aktif tinggal Thorfinn sama Bjorn. Yang satu mesti ngejaga VIP, yang satu lagi mesti ngehadapin Thorkell.

Rifle is Beautiful 03-04

Kaczmarek

Izumi ini auranya segar banget untuk dipandang. Untuk Hikari, dia ini memang tipe karakter yang males-malesan tapi sekalinya beruntung emang membahayakan. Bagi yang baru menonton, saya sarankan untuk tidak memberi harapan setinggi mungkin terlebih dahulu. Serial ini akan dipenuhi dengan wholesome development antar karakternya.

Ngomong-ngomong, kalian dapat menonton serial ini di Ponimu dalam Bahasa Indonesia secara gratis.

Noukin 05

Kaczmarek

Episode yang menceritakan masa lalu dari masing-masing anggota Crimson Vow. Dari seluruh cerita masa lalu mereka, Pauline yang paling menarik diantaranya menurut saya. Kemudian Mavis yang tampak normal, namun bersiap ada pinangan dari seseorang nanti.

BlueHeaven

Banyak parodi biasanya sulit dipecahkan untuk saya mengerti. Tetapi lain halnya dengan Noukin. Hampir semua referensi dari yang diparodikan bisa saya tau dengan jelas.

Episode ini hanya berfokus pada masa lalu para karakter utama. Seharusnya ini cerita sedih apalagi kisahnya Reina. Cuma semua kesedihan itu buyar karena lakon Pauline dan Mile. Kudos buat script writernya.

Tokunana 02-05

Kaczmarek

Jadi Akane ini vampir? Udah menebak sejak pv-nya muncul sih, cuman baru dikonfirmasi sekarang. Ceritanya makin menarik setelah ada villain B yang identitasnya aslinya terkuak. Hal yang saya rasa lemah di serial ini masih dengan MC-nya yang punya isi kepala polos tapi fisiknya itu yang membuatnya misterius. It means, there’s story behind him that made his body so strong.

Oresuki 05

Kaczmarek

I mean, it’s predictable but i missed on some part hehe. Mulai ini, mau dibawa kemana ceritanya? Plot apa yang akan menerjang orang-orang ini kembali? Semoga gaada bench-kun lagi.

Kemonomichi 06

Kaptain

Episode ini & episode minggu lalu harusnya digabungin. Fokus di cerita orisinal adaptasinya ngebikin saya tegang apakah sisa musimnya bakal orisinal semua, tapi paling nggak dari preview dah ditunjukin kalau calon murid Genzo bakal hadir. Episode ini tetep menuhin mandat buat nyiksa Carmilla jadi saya nggak terlalu benci.

CHOYOYU! 06

Kaczmarek

Aish, Ringo beneran punya perasaan ke Tsukasa. Akatsuki disini malah mendapat role shota yang dijaga dua onee-san, Aoi dan Keine. Kedua penjaganya ini juga beraroma ara-ara. Kita juga diperlihatkan masa lalu Tsukasa yang ternyata cukup gelap. Namun perasaan negatif yang berasal dari masa lalunya itu dengan mudahnya terkubur dengan Lyrule. It’s a cliche but go on! Oiya, kalau serial ini ratingnya bisa diatas 3 (di Anidb) atau 7 (di MAL) mungkin bakal aneh bagi saya.

Beastars 05

Kaptain

Uncomfortable dinner #1. Popularitas Legosi jelas jadi neraka buat introvert kayak dia. In a sense ini penutup sebenarnya buat arc drama kali ini dengan Legosi yang mulai ngejalin hubungan sama Haru dan kesadaran penonton kalau this relationship is super doomed.

Strike the Blood III 10

Kaczmarek

Asagi sudah jadi resmi jadi anggota haremnya Kojou. Disini juga kita diperlihatkan familiar terbaru Kojou saat melawan habis-habisan si Vatler. Saya masih tidak mengerti kenapa Asagi membelot ke Vatler saat awal-awal bab cerita ini. Tapi yang saya tangkap kayaknya Asagi hanya cemburu kepada Yukina dan ingin mengubah nasib Kojou. Nasib yang saya maksud adalah merubah identitasnya dari seorang vampir menjadi manusia tulen. There’s a lot of filling for past hole and another plothole emerged from this point.

Shokugeki no Souma: Shin no Sara 05

Kaczmarek

We knew Megumi will missed her chance to win, but we also knew that Aldini could do better against that b*stard. Setelah beberapa episode (dan pertandingan), akhirnya para rebel pecah telor lewat Aldini.

Assassins Pride 05

Kaczmarek

Hampir setengah musim, dan saya baru sadar ini serial dipenuhi karakter flat chest. Kemudian di episode kelima ini, kualitas animasinya terlihat menurun. Othello yang sebenarnya masih mencurigakan tampaknya butuh waktu lebih lama untuk menunjukan objektifnya.

BlueHeaven

Ok, skipnya tambah parah. Sutradara be like: “Ok, scene dari Mellida dah kelar, dari tarung antar saudara sampai adegan haggu dramatis trus dipentalin sama villainnya. Sisa waktu episode dah tipis jadi battle Kufanya kita skip aja.”

Bruh, I came back for Mule but what kind of plot is this!? Ini series ga ada harapan buat ceritanya kecuali daya tarik pettan paradisenya.

SAO-A: War of Underworld 05

BlueHeaven

Death flag! Mulai episode depan bakal perang abis-abisan. Alice sudah kasih last order buat Eldritch apakah pertanda bakal mokad?

Kasian juga kouhainya Kirito, reuni mereka berujung kesedihan. Kita masih menunggu kapan Asuna muncul di dunia Alice, setidaknya buat memberi harapan bagi human empire atau merusak harapan Alice bersanding dengan Kirito.

Kaczmarek

Libur seminggu dihabiskan dengan maraton nonton serial ini dari awal. Gak nyesel, tapi yang ada kesal. Sama seperti di atas, saya juga nungguin Asuna muncul dan bakal kayak gimana reaksinya setelah ngeliat Alice bobo’ bareng Kirito yang ping-nya hanya satu bar.


Bokuben 05

Kaczmarek

Segmen pertama dengan segala fanservicenya, dan segmen kedua yang cukup relatable untuk anak kuliahan di semester terakhir. Sering banget ngasih nasihat ke adek kelas terkait penilaian diri, tapi sendirinya aja gabisa menilai diri sendiri. Kalau ditanya kelebihan dan kekurangan, tentu saja kekurangannya sangat menumpuk kayak laundry-an di rumah. Untuk kelebihan, kita sendiri kurang percaya diri untuk mengungkapkannya karena dirasa itu belum cukup untuk dianggap “kelebihan”.

Shinchou Yuusha 05

BlueHeaven

Sebelumnya saya berterimakasih kepada Muse Asia yang sudah memberikan layanan stream legal untuk menonton seri ini sebagai salah satu anime yang bisa ditonton secara gratis di Youtube.

Episode kali ini memperkenalkan satu dewi baru yang melatih Seiya. Berbeda dengan Cercius yang jadi PTSD sama pedang, Adanela malah jadi klepek-klepek sama Seiya. Bahkan dia mengubah dirinya dari seorang NEET menjadi wanita seperti gambar diatas. Ujung-ujungnya Seiya menolaknya dan otomatis Adanela jadi rage keluar yanderenya, sementara Seiya yang bodo amat langsung ke Gearbrande buat ngelanjutin perjalanan Yuushanya.

Anime ini akhirnya menunjukan sisi darknya di akhir episode dengan memberikan cliffhanger terhadap nasib Eruru yang bakal ditumbal untuk jadi senjata ultimate sang pahlawan. Menarik sejauh mana dark side dari anime ini akan diungkap kedepannya.

High Score Girl II 03

Kaptain

Uncomfortable dinner #2. Silakan menikmati Hidaka yang jadi ganas banget, baik di game maupun roman. ASMR si Hidaka jelas kelewatan buat Haruo, “Bisa balik ngomong game nggak? This boner is super uncomfortable”. Momen ini kuat banget di manganya dan di adaptasi ini bersyukur saya bisa dibuat lebih kuat lagi.

Die Neue These 19

Kaptain

Saya tahu remake ini jarang diomongin berkat kombinasi dari season kedua seringkali bikin momentum hype sebuah seri melambat & banyak yang ga suka pemangkasan ceritanya. Tapi season kedua ini naik banget kualitasnya berkat format penceritaan arc-nya. Kali ini Yang & Reindhard masing-masing punya perang mereka sendiri jadi gonta-ganti perspektifnya itu cukup asik melihat pasukan mereka itu lebih banyak sentralisasinya. Lebih simpelnya keduanya bisa lebih fokus ke perang daripada di politik faksi mereka ngeliat di perang sipil ini jelas banget siapa lawannya.

FGO Babylon 06

Kaptain

Back to butt posting, all is well. Pas di Underworld Nakata Jouji ini keliatan banget Attack bark-nya. Di akhir juga pas dikepung saya pedih ngeliat party kita kali ini itu langsung kabur pulang. Itu tulang banyak mbok ya diambilin.

Girls Frontline 17

Kaptain

Singularity 9 hari lagi. Jadi siapin Suomi/MP7 buat boss di atas. Saya emang masih kurang 900 fragment, tapi Singularity bakal ngasih 1.000 lebih dari reward jadi bisa fokus ngumpulin data. Banyak yang lupa kalau skill Mod II itu perlu dilevelin lagi.

Death Stranding

Kaptain

Karena saya pake game ini sebagai tema Spotlight kali ini langsung saya kasih aja impresi awalnya (baru chapter 2): Awesome Game, I’m loving it, deserved the low score. Ini bukan Walking Simulator, ini Logistic Simulator buat ngebangun infrastruktur buat main Go-Send Simulator.

Review game, terutama dari media yang didikte buat namatin dan nulis review dengan deadline yang ketat, itu sangat nggak bagus buat nilai sebuah game. Apalagi game yang nuntut kesabaran, perhatian, dan cerita yang maximum Kojima ini. Ini game yang jelek banget kalau diburu-buru karena dijamin dibikin capek oleh gameplay dan ceritanya.

Saya mulai aja dari impresi awal cerita. Ini Kojima sama sekali nggak punya respek sama pemain buat nangkep cerita dan ngambil kesimpulan mereka sendiri. Kalau Kojima nulis Silent Hill 2, pengenalan Pyramid Head bakal: “Nuwun, saya Pyramid Head karena saya punya Piramid di Kepala. Saya di sini sebagai manifestasi rasa bersalah njenengan atas istri yang mati tiga tahun yang lalu.” Jadi saya paham kalau ada yang antipati sama penceritaan kayak gini.

Untuk gameplay saya ngerti kenapa banyak review yang benci. Di perilisan penuhnya ini lebih banyak pemain yang ngebantu dengan ninggalin suplai, infrastruktur, dan hint lainnya jadi navigasi setelah koneksi dibuat tuh enak banget. Udah gitu rute yang banyak dipake pemain otomatis bakal ngehasilin jalan setapak di field. Sesuatu yang susah terjadi pas playerbase cuma reviewer doang. Saya ritme mainnya tuh berhenti main pas masuk safehouse jadi isi kepala bisa lebih seger pas bikin rute, kalkulasi suplai, & manajemen risiko lainnya pas balik lagi. Sekali lagi ini sesuatu yang susah dilakuin reviewer.

Untuk respon setelah rilis resminya sendiri, saya ketawa aja ngeliat pemain yang susah nangkep 2 hal ini: 1. Distribusi berat 2. Sam dan kendaraan ga bisa berhenti mendadak.

Header: yryuta99

The post [JOI Spotlight] Comfy Hiking Edition appeared first on Jurnal Otaku Indonesia.