[JOI Spotlight] Necessary Compromise Edition

Posted on

Selamat datang di JOI Spotlight. Nggak kerasa lebaran tinggal seminggu lagi, dan melihat pergerakan sedang terbatas akibat keadaan saat ini,  nampaknya Spotlight juga masih akan jalan seperti biasa. Seperti biasa mari kita lihat impresi para staf untuk seri yang hadir minggu ini.

Gleipnir 06

Kaptain

Episode yang ekstra nggak aman ditonton pas puasa. Sama si alien terima refund nggak sih? Ini satu grup kemampuannya pada suboptimal semua. Dari kecepatan cerita kayaknya poin di mana akhirnya ketahuan kenapa Shuichi berubah jadi binaatng maskot bakal jadi episode penutup.

Kaczmarek

Entah kenapa saya merasa ada episode yang tertinggal di antara episode 5 dan 6 setelah menonton 5 menit pertama. Kok udah begini aja? Ngomong-ngomong, saya cukup beruntung menonton episode ini di saat sahur, dan bukan di siang bolong. Itou Shizuka sebagai Sayaka adalah keajaiban dan kesulitan di tengah Ramadhan. Seriously, apa yang dilakukan Yoneda (sutradara) cukup beresiko.

Priconne 06

Kaptain

Two parter di tengah musim? Interesting. Saya diberitahu sama orang yang lebih melek sama gamenya kalau cerita sejauh ini tuh sebelum kejadian chapter pembuka gamenya. Jadi isi cerita bisa lebih fleksibel.

Kaczmarek

Kyaru is my spirit furrynimal. She just like went back from tiring unpaid freelance jobs, and goes to bed ASAP for a good measure.

BlueHeaven

Masuk ke cerita serius? Well, sebenarnya dari awal juga mayan serius tapi Yuinya aja yang ga nongol. Saya kira bakal fokus ke full komedi, tapi masih sempatnya mereka belok di tengah-tengah seri.

Kakushigoto 07

Kaptain

There’s the dog. Pedoman yang dibilang Hime dateng dari sini dan dapet juga adaptasi film. Dari lukisan yang ditemuin bisa dimengerti kenapa antara si Goto dan sang mertua hubunganya pahit banget, ini nggak cuma masalah “putri yang dicolong mangaka pas-pasan” aja, melihat Hime itu kelewat persis sama si ibu.

Hachi-nantte! 07

Kaczmarek

Slow life. Everything just goes by, goes by, goes by, nothing left, but some of it. Saya mencoba membuat cult untuk setiap anime yang berani-beraninya memotong adegan aksi demi sesuatu yang sudah terlihat jelas walau ditutup-tutupi. Semoga di sisa episode nanti para stafnya gak menggunakan proyek ini sebagai pelampiasan.

BlueHeaven

Another wasted potential scene yang dibuang. Berasa ilang feel dari chara-nya, palagi yang selir dua biji itu, udah ga keliatan unique soulnya. Setidaknya adaptasinya bisa ngangkat penjualan novelnya.

Nami yo Kiitekure 07

Kaptain

Selamat Minare, situ berhasil nyembuhin beban mental si tetangga, granted situ ternyata biang kerok utamanya dan bisa aja situ dituntut; but yay. Dari episode yang tersisa masih ada dua arc yang perlu dipenuhin. Saya emang punya banyak itikad baik sama seri komedi Sunrise, tapi kayaknya susah bisa nyelesaiin musim ini tanpa ngeburu-buru ceritanya.

Yesterday wo Utatte 07

Kaczmarek

Kalau saya bilang Rou untuk lebih dewasa dari saat ini, kayaknya sudah gak diperlukan. Nge-simp Shinako memang sangat berat, namun berat bukan berarti tak bisa dibalikan. Saya sendiri gak terlalu menyukai Shinako sejak awal, namun dengan berjalannya setiap episode, saya malah lebih menyukai Chika, walau ia suka membuat masalah. Posisi Haru malah lebih seperti pelampiasan dan pilihan aman. Dengan episode ini berakhir dengan Shinako ngajak ngobrol Rikuo ke rumah, pasti banyak penonton yang berpikir aneh-aneh.

Arte 07

Kaczmarek

What’s up with the pace? Darcia sudah muncul saja. Mengesampingkan tawaran Yuri, saya berpikir ia juga mencari kesempatan untuk dekat dengan Arte. Saya kemudian meringis saat melihat Arte berjalan setelah pulang dari tempat Yuri. Ruthanna akhirnya nongol juga, tapi membawa sedikit hmmmm masalah pribadi dan keluarganya. Berkembangnya cerita, saya malah memilih Leo untuk menikahi Ruthanna daripada Arte. Dengan persetujuan dari Yuri, kini Arte tak hanya menjadi seorang artisan, tapi juga sebagai babysitter sekaligus guru keponakan Yuri.


Selamat untuk seiyuu Arte, Mikako-shi atas pernikahannya dengan Tomoaki Maeno! Semoga langgeng hingga akhir hayat! Saya jadi ingat beberapa tahun lalu bahwa suami Maaya Sakamoto (pembawa lagu pembuka), Kenichi Suzumura ditanyai Maeno soal bangun pagi dengan alarm dan Sakamoto. Sampai Suzumura sendiri yang memperingatkan Maeno untuk mempersiapkan diri sebelum menikah nanti.

Honzuki no Gekokujou 21

Kaczmarek

WOOOOOOOOOOOOOOOO MYNE BAKAL PUNYA ADEK LAGI! Rosina, another greyrobe is joining but her behavior really different from what i expect. Different treatment, different outcome. Dari yang saya tangkep, Rosina menganggap standar dari semua jubah biru itu sama. Perlahan, ia dapat mengikuti aturan dari Myne. Episode ini berakhir dengan membuka masa lalu yang memilukan dari Wilma. Saya merasa dia canggung karena suatu hal yang berhubungan dengan anak-anak di panti asuhan, namun ternyata ia punya phobia. Ia punya jalan yang panjang dari yang saya kira dan kita akan disajikan masa lalu tersebut di episode berikutnya. Saya ragu Myne mengerti kata “deflowering” di akhir episode ini.

Toaru Kagaku no Railgun T 14

Kaczmarek

Naga Touma yang paling ditunggu dalam hampir sebulan. Touma juga mencapai pembatas dari kekuatannya dengan kemunculan naga tersebut. Fine, i’ll kill you Shokuhou Misaki. Momen dimana Saten dan Uiharu bersekongkol demi kemajuan hubungan Touma dan Misaka adalah hal terbaik dari episode ini.

Destruction Flag Otome 07

Kaczmarek

Asli gue pengen keplak jidat Katarina. Ini Sophia jangan-jangan reinkarnasi temannya Katarina di dunia nyata. Episode ini juga terlalu cepat terasa, namun menimbulkan pertanyaan terkait bayangan hitam . Siapakah dia? Hero atau Heroine lain? Dari semua pertanyaan dan reaksi soal jamur ungu, seseorang bertanya, “Apa itu sup jamur?” lol.

BlueHeaven

Yeah Katarina x Sophia rise up! Sophia favorit kedua saya sih, udah ada feel emang jelas kalo mereka itu temenan sebelum masuk dunia fortune lover. Sejauh ini masih lancar seri ini menghibur dibawah bayang-bayang Kaguya yang tak terkalahkan.

Kaguya-Sama: Love is war S2 05-06

BlueHeaven

Ishigami my boi! Geng Miyuki emang lebih OP sih isinya, dari awal Miko emang udah pasti kalah. Tapi ternyata Miyuki dan kawan-kawan sangat manusia dan bermoral. Dengan penambahan karakter yang tipe kolot tentunya OSIS Shuuchiin lebih berwarna.

Kalau dilihat dengan baik, satu episode ini hanya ngecover satu part cerita keseluruhan, padahal biasanya satu episode terdiri beberapa bagian. Ditambah tidak terasa kehadiran narator alpa di episode ini sesuatu banget. Ga ada lawan lah Kaguya di musim ini.

Study § Steady

Kaczmarek

Gonna play this until coronavirus stop. Pertama kali nyoba karya Marmalade dan saya dibuat tertarik dengan CG di atas. Ditambah dengan jajaran seiyuu yang melibatkan Maki Tomonaga, Juri Nagatsuma, Honoka Yuuki, dan Kei Maeda. Semoga gak mengecewakan.

Girls Frontline

Kaptain

Update Anniversary udah ditulis kemaren. Cuma ngarep aja kostum M200 bakal lebih dimurahin berhubung 2,5k gem itu ga bakal kesampean buat saya. Ini juga batch Neural Upgrade belum juga dateng minggu depan, padahal Fragment dah kena cap.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Rada aneh juga bisa bilang JOI Spotlight kemungkinan besar bakal jalan normal pas lebaran nanti.

Header: Pochi

The post [JOI Spotlight] Necessary Compromise Edition appeared first on Jurnal Otaku Indonesia.