[JOI Tech Review] Kamera Apa yang Digunakan oleh JOI?

Posted on

Sejak tahun 2018, Akhirnya JOI kembali mengerjakan program siaran yang ada di channel youtube. Selama setahun setengah ini ada beberapa pembaca menanyakan kepada tim JOI, menggunakan kamera apa untuk melakukan perekaman videonya? Sebenarnya tiap kontributor video kami memiliki kameranya masing-masing dan ini adalah salah satu contoh kamera yang dimiliki oleh salah satu kontributor JOI bernama Niko.

Disini Niko pada episode JOI Tech Review ini tidak akan membahas spesifikasi kameranya, akan tetapi Niko akan menjelaskan alasan kenapa menggunakan kamera kecil yang selalu dia bawa-bawa setiap kami bertemu dengannya di event kejepangan yang ada di Jakarta. Ternyata ada 7 hal yang ada pada kamera kecilnya yang disukai sama Niko.

1. COMPACT

Dimaksud Compact disini, kamera tersebut berukuran kecil sehingga ringan dibawa kemana-mana dan bisa disimpan di tas yang ukurannya kecil.

2. ARTICULATED FLIP SCREEN

LCD pada layar kameranya bisa dibuka kesamping dan dapat diputar kedepan. Sehingga menurut Niko, dirinya bisa mengatur angle dalam frame video yang ingin diambil saat posisi kameranya ada dimanapun. Baik itu dari atas, bawah, depan, maupun dari samping dirinya.

3. AUTOFOCUS

Autofocus di kameranya sangat mudah digunakan dan dapat dipercaya. Nikopun menunjukkan demonstrasi saat dia menggunakan auto fokus yang ada di kameranya. Niko menyebutkan bahwa autofocus kameranya itu bernama dual pixel.

4. AUDIO INPUT

Kamera Niko memiliki lubang audio jack di samping kameranya sehingga memungkinkan niko menggunakan microphone eksternal yang dapat menghasilkan rekaman audio yang lebih “crispy” katanya.


5. BANYAKNYA PILIHAN LENSA

Kamera Niko itu lensanya yang dipakai umumnya yang kecil-kecil. Tapi jika menggunakan adapter katanya bisa memakai lensa yang jumlahnya lebih dari 50an jenis lensa yang tersebar di dunia. Jadi baik lensa yang kecil maupun lensa yang besar dan panjang pun bisa digunakan pada kameranya selama masih di brand yang sama.

6. COLOR SCIENCE

Warna yang dihasilkan dari kamera yang niko punya itu langsung enak dilihat. Makanya Niko bilang, selama ini dia rekam video jarang sekali melakukan color grading. Sehingga Niko bisa cepat memproduksi video selama ini dan kualitas visual di videonya jarang sekali tidak bagus.

7. HARGANYA

Harga kamera yang dimiliki niko sekarang bisa dilihat disini. Menurutnya spesifikasi kamera yang dipunya sudah merupakan sweetspot dimana harga dengan performance kameranya sesuai. Bahkan, Niko bercerita bahwa ada situs review kamera yang bernama DP Review yang mengklaim kamera kecil yang Niko pegang itu merupakan Best Entry Level / Value Camera pada tahun 2018 kemarin.

Sekian materi pembahasan JOI Tech Review pada episode kali ini, semoga teman-teman JOI mendapatkan info yang bermanfaat dari sharingnya salah satu kontributor Tim JOI di channel Youtubenya. Mengikuti penutupnya dari Niko. Jya, Mata ne~