Kebakaran di Shirakawa-Go berhasil dipadamkan

Posted on

Belum lama ini kita sempat dikagetkan dengan berita kebakaran hebat di salah satu tempat bersejarah di Okinawa. Kali ini, si jago merah kembali melahap salah satu bangunan di Shirakawa, Prefektur Gifu, yang dikenal dengan arsitektur rumah pertaniannya yang terawat indah di Shirakawa-go.

Credit images to : Japan Rail Pass

Shirakawa-go ditetapkan sebagai salah satu warisan duni oleh UNESCO gasshozukuri tradisionalnya atau “praying hands architecture”, dinamakan demikian karena atap jerami yang tebal dan bersudut tajam menyerupai tangan yang sedang berdoa. Namun, karena bahan-bahan bangunan tradisionalnya masih menggunakan kayu, bangunan ini menjadi rawan sekali terbakar. Api dan asap pertama kali dilihat oleh seorang pengunjung pada sore hari tanggal 4 november 2019.

Beruntung api kali ini mudah dipadamkan berkat sistem penyiraman shirakawa-go yang sangat dingin. Sistem penyiraman ini dibuat dan disain sedemikian rupa agar bisa berbaur dengan bangunan sekitarnya. Alat penyiraman ini dibuat untuk menyirami atap setiap bangunan untuk mengurangi resiko kebakaran.


Bangunan yang terbakar merupakan bangunan pemeliharaan/administrasi sehingga tidak ada pengunjung yang berada disana. Tidak ada korban jiwa maupun kerusakan pada bangunan disekitarnya.

Featured images : Twitter : @KenzoMasaki

Sumber : Sora News 24

The post Kebakaran di Shirakawa-Go berhasil dipadamkan appeared first on Japanese Station.