Kontrak Frontwing dan Sekai Project Berakhir, Penerbit Trilogi dan Subseri Grisaia Dipindahkan

Posted on

Setelah menjalin kerjasama pada 2014 untuk membeli lisensi trilogi Grisaia (Grisaia no Kajitsu, Grisaia no Meikyuu, dan Grisaia no Rakuen) versi Inggris, kontrak Sekai ProjectFrontwing akhirnya berakhir. Selain itu, lisensi subseri visual novel diantaranya, Idol Mahou Shoujo Chiruchiru – Michiru part 1 & part 2 juga berakhir. Berakhirnya kontrak kerjasama ini otomatis membuat hak penjualan visual novel yang dilisensi Sekai Project dikembalikan ke Frontwing. 4 Desember lalu, pihak Frontwing memutuskan untuk memindahkan hak penjualan ke-5 karya mereka menuju ke cabang Frontwing Amerika Serikat.

Sebelum kontrak kerjasama ini habis, Sekai Project memasarkan visual novel tersebut di platform Steam dengan versi 17+ untuk trilogi Grisaia dan semua umur untuk subserinya. Mengingat platform Steam tidak memperbolehkan adanya konten dewasa di beberapa daerah, perilisan versi 18+ dari trilogi Grisaia diserahkan kepada Denpasoft. Habisnya kontrak kerjasama kedua perusahaan tidak memiliki efek terhadap penjualan trilogi Grisaia di Denpasoft.

Trilogi Grisaia merupakan karya perusahaan Front Wing untuk platform Windows yang edisi pertamanya berjudul Grisaia no Kajitsu dirilis pada 25 Februari 2011. Judul kedua karya ini berjudul Grisaia no Meikyuu dipasarkan pada 24 Februari 2012. Kemudian judul terakhir dari trilogi ini berjudul Grisaia no Rakuen yang dirilis pada 24 Mei 2013. Watanabe Akio dan Fumio menjadi desainer karakter untuk seluruh seri trilogi ini.

Karya ini juga mendapat adaptasi manga yang berjudul “Grisaia no Kajitsu: Sankuchuari Ferōzu” yang ditulis oleh Eiji Narumi dan diilustrasikan oleh Shu Hiroshe. Manga tersebut dipublikasikan di majalah Champion Red Ichigo pada 5 Februari 2013. Selain manga, karya ini juga diadaptasi menjadi anime dengan format 2 musim + film yang diproduksi oleh studio 8bit.

Watanabe Akio dan kolega juga telah menyelesaikan seri spin-off Grisaia yang berjudul Grisaia: Phantom Trigger yang dirilis dalam 5 volume. Seri ini dirilis di platform Steam dengan kategori semua umur. Seri spin-off ini juga mendapatkan adaptasi anime untuk tahun 2019. Penggalangan dana yang dibuka pada 6 Juli 2018 di platform Kickstarter juga telah memenuhi target. Informasi terkait anime ini dapat kalian baca di artikel buatan Dedemit.

Sumber:   Frontwing