Kuil Nezu: Salah Satu Kuil Tertua yang Jarang Diketahui Turis di Tokyo

Posted on

Di Tokyo, kalian mungkin sudah bosan mendegar Kuil Sensoji di Asakusa yang terkenal dengan lampion raksasa dan kemegahannya, memang tidak salah jika kalian memilih untuk mengunjungi suatu tempat yang sudah punya nama, akan tetapi biasanya penuh dengan turis yang membuat suasana menjadi penuh sesak. Bagi kalian yang sedang berada di Tokyo dan senang dengan lokasi wisata yang underrated atau tidak terlalu terekspos khususnya kuil, kalian bisa mengunjungi Kuil Nezu.

kuil nezu
(gambar: JNTO)

Menurut legenda Kuil Nezu didirikan pertama kali di Sendagi, tepat di utara dari lokasi yang sekarang oleh Takeru Yamato yang dikenal juga sebagai Pangeran Osu yang hidup pada abad pertama, putra dari Kaisar Keiko. Pada tahun 1705 kuil ini dipindahkan ke Nezu oleh Tsunayoshi Tokugawa, shogun ke-lima dari Dinasti Tokugawa.

Lokasinya yang strategis yaitu di Tokyo membuat kalian tidak perlu jauh-jauh melakukan perjalanan ke Kuil Nezu. Suasana yang ditawarkan hijau walaupun berada dekat pusat kota. Lokasi kuil ini dekat dengan taman Ueno, dan hanya memakan waktu 5 menit berjalan kaki dari Stasiun Nezu menjadikan kuil ini praktis bagi pengguna kereta.

Torii

(gambar: JNTO)

Di kuil ini kalian dapat melihat jalur Torii (gerbang bewarna merah terang), versi kecil dari yang berada di Fushimi Inari Taisha yang sangat terkenal di Kyoto. Jalan setapak yang luas dan pemandangan hijau memenuhi area kuil ditambah lagi sedikitnya turis yang datang disini membuat perasaan menjadi tenang dan damai. Kuil ini juga menjadi tempat yang cukup populer untuk mengadakan pernikahan tradisional Jepang.


Festival Azalea

(gambar: JNTO)

Selain dimanjakan dengan suasana hijaunya alam di Kuil Nezu, setiap tahunnya disini juga diadakan Festival Azalea yang diadakan pada bulan April hingga Mei. Festival ini menunjukkan keindahan Bunga Azalea di taman luas yang memamerkan lebih dari 100 jenis bunga. Selain itu, festival ini membuka stand makanan, kerajinan tangan, mainan dan pakaian, tentunya dengan membawakan musik tradisional Jepang.

Jadi, bagi kalian yang ingin mengunjungi ke lokasi yang lebih underrated, tidak dipenuhi oleh turis asing dapat mengunjungi kuil ini. Ditambah lagi, tidak ada biaya masuk menjadikan Kuil Nezu salah satu destinasi pilihan yang menarik. Jangan lupa untuk selalu menghormati masyarakat lokal yang sedang beribadah.

Nezu Jinja/Shrine (根津神社)
Alamat: 1-28-9 Nezu, Bunkyo-ku, Tokyo-to
Jam buka: Setiap hari 09.00 – 17.00
Tiket masuk: Gratis
Website

 

Featured image: jw-webmagazine
Sources: JNTO, jw-webmagazine

The post Kuil Nezu: Salah Satu Kuil Tertua yang Jarang Diketahui Turis di Tokyo appeared first on Japanese Station.