Makanan di Fukui yang Wajib Kamu Coba

Posted on

Prefektur Fukui, yang terletak di Area Chubu memiliki banyak makanan lezat yang dicari oleh para pecinta makanan. Selain terkenal dengan seafood-nya yang sangat segar dan lezat, ternyata Fukui juga memiliki banyak jenis makanan lainnya loh. Dari yang simpel sampai yang mewah, berikut adalah list makanan di Fukui yang wajib kamu coba saat berkunjung ke prefektur Fukui.

1. Echizen Oroshi Soba

Hidangan simpel oroshi soba (fuku-e.com)
Hidangan simpel oroshi soba (fuku-e.com)

Hidangan ini sebenarnya hanya merupakan hidangan mie yang sederhana, dengan kuah shoyu dan parutan lobak sebagai toppingnya. Meskipun begitu, hidangan ini sangat lezat dan baru-baru ini mendapatkan perhatian dari banyak orang karena menjadi salah satu menu untuk diet makrobiotik. Makanan ini juga termasuk dalam list “100 kuliner pedesaan Jepang”. Di Fukui, Oroshi Soba biasanya disajikan dingin.

2. Saus Katsudon

katsudon dengan saus spesial (fuku-e.com)
katsudon dengan saus spesial (fuku-e.com)

Katsudon adalah hidangan daging babi yang digoreng dengan tepung panir dan disajikan di atas nasi di dalam mangkuk dengan saus. Di Fukui, kamu bisa menemukan hidangan katsudon dengan saus yang sangat lezat. Masutaro Takatabe adalah orang dibalik resep rahasia saus katsudon tersebut. Ia kembali ke Jepang pada tahun 1912, setelah enam tahun mempelajari masakan western di Berlin, Jerman. Dia kemudian mengubah resep saus Worcester dari Jerman menjadi lebih cocok dengan lidah orang Jepang, dan kemudian diperkenalkan ke publik pada tahun 1913.

3. Volga Rice

Volga rice (fuku-e.com)
Volga rice (fuku-e.com)

Hidangan ini telah lama menjadi hidangan yang akrab di kalangan penduduk Fukui. Hidangan ini mirip seperti omurice, hanya saja diberi daging babi yang digoreng dengan tepung panir dan saus spesial. Tidak ada yang tau siapa yang menciptakan hidangan ini dan darimana nama “Volga” berasal. Tapi sampai saat ini, Volga rice sudah dijual di banyak restoran di Fukui.

4. Daging Sapi Wakasa

daging sapi wakasa untuk nabe (fuku-e.com)
daging sapi wakasa untuk nabe (fuku-e.com)

Daging ini sudah dinikmati sejak zaman Meiji. Daging sapi wakasa adalah daging yang berkualitas tinggi dengan rasa yang lezat, kualitasnya sudah dipertahankan sejak lama hingga saat ini, dan telah dikenal di seluruh Jepang. Sapi wakasa dipelihara di prefektur Fukui, terutama di kota Sakai. Kualitasnya secara ketat diklasifikasikan dari kelas satu sampai lima, dan hanya dangin dengan kelas 4 dan 5 yang dijual sebagai daging sapi wakasa.

5. Koshino Ruby

hidangan salad koshino ruby (fuku-e.com)
hidangan salad koshino ruby (fuku-e.com)

Tomat ceri ini diberi nama “ruby” karena warnanya yang merah mengkilap indah seperti ruby. Koshino ruby banyak ditanam di prefektur Fukui, Shirataka-cho adalah tempat produksi terbesarnya. Tomat ceri ini memiliki rasa yang lezat dan manis, bahkan jika dimakan mentah.


6. Echizen Gani

berbagai masakan dari echizen gani (fuku-e.com)
berbagai masakan dari echizen gani (fuku-e.com)

Saat musim dingin, ikan dan binatang laut lainnya menyimpan cadangan lemak di tubuh mereka, membuat rasanya menjadi lebih lezat. Echizen gani adalah salah satu produk asli prefektur Fukui yang disebut sebagai raja makanan musim dingin. Kepiting ini memiliki daging yang lembut dan rasa yang lezat. Selain bisa dimakan mentah, kepiting ini juga bisa dijadikan berbagai macam hidangan, seperti nabe, bubur, dipanggang, dan lainnya.

7. Wakasa Fugu

Berbagai masakan dari wakasa fugu (fuku-e.com)
Berbagai masakan dari wakasa fugu (fuku-e.com)

Ikan buntal macan atau torafugu ini adalah salah satu ikan paling lezat dan mahal di Jepang. Biaya untuk budidaya ikan ini sangat mahal karena sangat sulit untuk dilakukan. Wakasa Fugu adalah nama untuk torafugu dengan kualitas terbaik. Ikan ini memiliki rasa yang unik dan lezat, tekstur dagingnyapun sangat lembut, akan meleleh di mulutmu saat kamu memakannya.

8. Yakisaba Zushi

Salah satu makanan di Fukui, yakisaba zushi (fuku-e.com)
Salah satu makanan di Fukui, yakisaba zushi (fuku-e.com)

Yakisaba zushi adalah hidangan sushi nigiri dengan daging ikan makarel panggang. Di daerah Okuetsu, terletak di timur laut prefektur Fukui, masyarakannya memiliki tradisi makan ikan makarel panggang saat musim semi. Yakisaba zushi saat ini tidak hanya bisa kamu temukan di Fukui, tapi juga di berbagai daerah di Jepang.

9. Wakasa Guji

Wakasa guji yang dipanggang (fuku-e.com)
Wakasa guji yang dipanggang (fuku-e.com)

Ikan ekor merah ini ditangkap di pelabuhan wakasa yang membuatnya diberi nama wakasa guji. Ikan ini biasa dimasak dengan cara dipanggang. Tidak perlu banyak bumbu untuk mengolah ikan ini karena rasanya yang sudah lezat. Kamu cukup menggunakan garam dan perasan lemon saja.

10. Ayu / Sweetfish

Ayu atau sweetfish yang dibakar, makanan di Fukui yang wajib dicoba (fuku-e.com)
Ayu atau sweetfish yang dibakar, makanan di Fukui yang wajib dicoba (fuku-e.com)

Sama seperti wakasa guji, ikan ayu ini biasa dimasak dengan cara dipanggang. Ikan ini dipancing oleh para penduduk Fukui di sungai Kuzuryu. Ikan ini disebut juga sebagai sweetfish, memiliki rasa dan aroma yang unik, dan telah jadi bahan yang umum sebagai makanan sehari-hari masyarakat Fukui.

The post Makanan di Fukui yang Wajib Kamu Coba appeared first on Japanese Station.