[Manga Spotlight] Gyo: Invasi Monster Ikan

Posted on

Bertemu lagi kita di Manga Spotlight! Kali ini saya akan mengulas salah satu manga karya Ito Junji, Gyo: Invasi Monster Ikan. Berjudul asli Gyo: Ugomeku Bukimi, manga ini diserialisasikan Ito Junji di majalah manga Big Comic Spirits milik Shougakukan. Manga ini diterbitkan Shougakukan menjadi 2 jilid.

Manga ini juga sudah diterbitkan di Indonesia. Diterbitkan oleh penerbit m&c! pada tahun 2018. Judul yang saya gunakan adalah judul resmi dari mereka. Manga ini bisa kamu beli di Gramedia, maupun toko buku fisik dan online lainnya.

Berikut adalah sinopsis dari penerbit m&c!:

Saat sedang berlibur di Okinawa, Tadashi dan Kaori menemukan seekor makhluk aneh yaitu “Ikan Berkaki” yang bisa berjalan di daratan! Penemuan tersebut adalah awal dari serangkaian serangan monster ikan yang meneror seluruh penjuru Jepang! Komik karya “ITO JUNJI”, salah satu mangaka horor ternama di Jepang! 

Salah Satu Karya Ito Junji

Siapa yang tak kenal Ito Junji? Mangaka yang terkenal sebagai salah satu pengarang manga horror terbaik di Jepang. Juga seorang pecinta kucing profesional. Manga ini benar-benar membuktikan kualitas nama tersebut.

Saya bingung, orang yang mukanya kayak orang baik ini bisa yak bisa bikin manga seseram ini…

Saya suka dengan cara dia membuat cerita ini. Selalu memunculkan misteri-misteri baru, bahkan hingga akhir. Di setiap bab pasti ada saja misteri atau penjelasan baru tentang apa sih sebenarnya makhluk ikan berkaki ini? Ending-nya pun dibuat pembaca yang menentukan, sebenarnya penyelesaian akhir misteri ini apa sih? Karena ada banyak kemungkinan penyelesaian yang diberikan ceritanya. Berhasil membuat saya masih memikirkan misteri yang ada dalam buku ini, walau cerita bukunya sendiri pun sudah selesai.

Menghidupkan Mimpi Buruk!

Gambarnya, astaga!!! Tolonglah, masih nempel ini di alam bawah sadar saya. Yang sangat membuat Ito Junji ini terkenal tidak lain tidak bukan karena gambarnya yang mengerikan. Saya tidak habis pikir dia dapat inspirasi dari mana untuk mewujudkan mimpi buruk ini. Ada satu panel dari manga ini yang membuat saya jijik dan kengerian di saat yang sama. Karena mahluk yang digambarkan ini sungguh ada di dunia ini, dan gambarnya itu terlihat realistis.


Bukan yang ini, gambar ini hanya pemanis~

Namun menurut saya, mangaka ini masih mempunyai kekurangan. Cara dia mengekspresikan emosi karakter kurang berasa, menurut saya. Masih terlalu datar, padahal adegan yang ada itu sangat menjijikkan juga mengerikan. Karakternya terlihat terlalu kosong di manga ini, padahal story telling-nya sudah cukup menarik.

Cerita Tambahan

Manga ini juga mempunyai 2 cerita tambahan yang tidak kalah membingungkan dengan cerita utamanya. Pertama berjudul “Cerita Sedih Pilar Utama”. Bercerita tentang kepala rumah tangga yang tertiban pilar utama rumahnya sendiri. Sebuah cerita yang sangat pendek dan sangat membingungkan. Tapi saya malah seperti menemukan sebuah kiasan dalam misteri tersebut.

Yang kedua ini sangat terkenal, kamu bahkan pasti pernah menemukan ini di internet. Judulnya adalah, “Misteri Patahan Amigara”. Itu lho, cerita yang ada lubang yang mirip dengan bentuk badan seseorang. Yang kemudian orang-orang penasaran dengan lubang itu, dan masuk ke dalam lubang yang mempunyai bentuk sama dengan badan mereka. Cerita ini berhasil membuat saya merinding kengerian. That last page… ‘Nyuk nyuk nyuk’.

Itu dia sedikit ulasan dari saya terhadap manga ini. Ini adalah manga Ito Junji pertama yang pernah saya baca. Ternyata ketenaran namanya ini benar-benar terbukti kualitasnya. Sempat saya dibuat bermimpi buruk karena manga ini. Bayangin bro… itu satu mahluk laut punya kaki. Saya berharap ada manga Junji Ito lain yang akan diterbitkan di sini.

Gambar: Penerbit m&c!