[Manga Spotlight] Love, Be Loved, Leave, Be Left (Jilid 1-7)

Posted on

Hari Minggu enaknya ngapain? Ya bahas manga di Manga Spotlight lah. Tuturu!~ Ketemu lagi kita di Manga Spotlight. Kali ini saya akan mengupas manga lain dari pengarang Ao Haru Ride. Manga berjudul “Love, Be Loved, Leave, Be Left” atau yang berjudul asli Omoi, Omoware, Furi, Furare.

Manga karangan Io Sakisaka ini diserialisasikan pertama kali di majalah manga bulanan Bessatsu Margaret pada Juni 2015. Berakhir pada Mei 2019, dan diterbitkan Shuiesha sebanyak 12 jilid. Adaptasi film anime dan live action juga sudah diumumkan. Rencananya film animenya tayang pada Mei 2020, sedangkan film live action-nya direncanakan tayang Agustus 2020. Namun penayangan film animenya harus diundur karena pandemi COVID-19.

Manga ini terbit tidak ya di Indonesia? Sudah diterbitkan di Indonesia dong! Diterbitkan penerbit m&c! pertama kali pada 17 Oktober 2018. Penerbit m&c! sudah menerbitkan hingga jilid 7.  Bisa kamu dapatkan di Gramedia, maupun di toko buku fisik dan online lainnya. Berikut sinopsis dari penerbit m&c!

Yuna selalu penuh impian saat jatuh cinta, sedangkan Akari selalu realistis. Kedua pribadi yang berlawanan ini tak diduga bertemu dan menjadi sahabat. Rio, cowok populer, dan Kazuomi, teman masa kecil Yuna, memasuki kehidupan mereka dan kisah cinta yang pahit dan manis pun mulai terjalin di antara mereka!

Yaaa lagi-lagi manga yang memenangkan penghargaan manga tertua di Jepang, Shogakukan Award. Manga ini memenangkan penghargaan manga shoujo terbaik di ajang penghargaan tersebut. Ini merupakan salah satu alasan utama saya membaca dan mengoleksi manga ini.

Saya pun penasaran dengan kualitas manga shoujo terbaik ini, apalagi kan sudah diterbitkan secara resmi di Indonesia. Hasilnya? TOLONG! SAYA MALAH JADI FANGIRLING SAMA MANGA INI DONG! Oh ya, perlu diingatkan, saya itu jantan ya, pejantan wibu yang tidak cakep-cakep amat, tapi tidak jelek-jelek amat juga.

Saya sebelum baca manga ini juga pernah membaca manga shoujo. Karena mendaing kakak sepupu saya baca manga shoujo dulu, jadi ya saya baca-baca juga deh. Ditambah sekarang adek sepupu perempuan saya juga seorang otaku~ Susah saya keluar dari lingkaran manga shoujo ini. Namun, manga shoujo ini berbeda dari manga shoujo kebanyakan yang pernah saya baca. Tidak terlalu kira-kira doki-doki shitai, tapi tidak membosankan juga.

Bercerita di Sebuah Lingkaran Pertemanan

Manga ini berpusat di sebuah lingkaran pertemanan dari 4 manusia yang berbeda. Yuna yang selalu penuh impian saat jatuh cinta, Akari yang selalu realistis, Rio si cowok populer, dan Kazuomi cowok biasa dan teman masa kecil Yuna. Walau sifat Yuna dan Akari berlawanan, ternyata mereka bisa menjadi sahabat yang baik dan saling mendukung satu sama lain. Rio dan Kazuomi juga, uniknya mereka bisa akrab walau awalnya tidak mempunyai kesamaan sama sekali selain mereka berdua adalah sama-sama pejantan.

Sebuah kisah romantis pahit manis pun terjadi di antara mereka. Hubungan antar karakternya ini “uhhhh” sekali, saya sampai sulit menggambarkannya lewat tulisan. Yang pasti ada banyak hal mengejutkan, dan menyakitkan di hubungan antar karakter ini. Drama demi drama dilewati, pasti nanti masalah ini sudah kelar, ada aja lagi masalah baru. IHH NGESELINN!!! Tapi lucu!!!

Padahal hanya masalah-masalah kesalahpahaman atau masalah remaja sepele lainnya. Tapi Io Sakisaka-sensei menurut saya benar-benar berhasil menghidupkan kegalauan para karakternya ini. Saya sampai gregetan tahu bacanya, hidup saya kok gak sedrama ini sih!? /plak!


Development Character Yang “AHHH” Sekali!

Akan saya sebutkan dulu sebelum membahas bagian ini, YUNA BEST GIRL!!! Dari semua manga shoujo yang pernah saya baca, development character manga shoujo ini gila-gilaan sih. Terutama development character Yuna, saya yang awalnya tidak terlalu menyukai sifat Yuna ini, namun berhasil disihir menjadi karakter favorit saya dari seri ini. Perkembangan karakternya benar-benar lovely sekali.

YUNA INI PUNYA SAYA YA, THX!~

Saya awalnya menyukai Akari pada pandangan pertama. Apalagi sifatnya yang realistis itu. Namun lama-lama saya mulai tidak menyukai sifatnya ini, mulai terlihat menyedihkan. Sebenarnya jilid 7 ini sedang digantung pada development character Akari, mungkin penilaian saya akan berubah setelah lihat hasil akhirnya. Karena pembawaan karakter Io Sakisaka ini sangat baik menurut saya. Benar-benar memaparkan keresahan karakter yang dibawakan dengan sangat baik.

Gambarnya Lucu, FIX!!!

Ini sebenarnya adalah manga Io Sakisaka pertama yang pernah saya baca. Tapi saya menemukan gambarnya ini lucu dan enak dipandang mata sekali! Tidak hanya ekspresi heroine-nya ekspresi cowoknya juga, astaga… KYAAA!! JIWA FANGIRLING-KU LANSUNG KELUAR GITU!!!~ Saya suka karena tidak terlalu bercahaya dan tidak terlalu menyilaukan. Maksudnya ya tidak berlebihan atau lebay gitu deh, kayak manga shoujo kebanyakan.

Walau kadang masih lacking of background, tapi saya tidak terlalu memasalahkan itu. Karena ekspresi karakter yang dibuat Io Sakisaka-sensei ini emang imut-imut sekali! Juga terlihat realistis lho. Soalnya saya menemukan pemeran live action-nya Rio, Takumi Kitamura, benar-benar mirip dengan Rio, lucu!~ Yang menjadi masalah saya di live action ini pemeran Kazuomi sih. Iya emang kesannya dia seperti kakak tertua, tapi pemerannya ini terlalu tua kelihatannya~

Kalau yang ini, Minami Hamabe punya saya! Thx~

Penutup Terakhir

ITU DIA! Manga Spotlight Love, Be Love, Leave, Be Left yang isinya kebanyakan fangirling saya doang wkwk~ Jujur saya emang benar-benar jatuh cinta sama karakter yang dibuat manga ini. Saya melihat Yuna tuh seperti karakter manga shonen tahu gak, i love her so much! Saya berharap adaptasi film anime dan film live action-nya juga bisa ditayangkan di sini + lokalisasi manga ini di Indonesia lancar sampai tamat.

Terakhir, saya mau mengucapkan terima kasih banyak kepada kamu yang sudah membaca Manga Spotlight ini hingga terakhir. Kalau kamu memperhatikan, sebenarnya saya bikin Manga Spotlight ini sehari sekali lho dari Senin (4/5) sampai hari Minggu ini (10/5)! Iya, saya minggu lalu menatang diri sendiri untuk melakukan ini. Terima kasih buat kamu yang setia membaca Manga Spotlight dari saya, maaf jika ada masih banyak kurang-kurangnya! Kamu bisa membaca Manga Spotlight lainnya di sini yak:

Promosi dikit deh, kamu bisa menemukan saya di Facebook lewat link ini ya. Monggo kalau mau ngobrol-ngobrol seputar manga lokalisasi dan sejenisnya boleh-boleh saja. Saya tuh penulis yang suka membagikan informasi lokalisasi resmi dan sejenisnya~

Gambar: Twitter Io Sakisaka