Mangaka Gangsta Didiagnosis Mengidap Penyakit Autoimun

Posted on

Mangaka dari seri Gangsta, Kohske mengungkapkan di akun Twitter mereka pada hari Rabu bahwa mereka telah didiagnosis megindap systemic lupus erythematosus, sebuah penyakit autoimun.

Dia menjelaskan bahwa “persendian dan pembuluh darah mereka meradang, menyebabkan anemia, malaise dan demam. Satu mata hampir buta.” Namun, mereka menjelaskan bahwa pekerjaan akan berlanjut, tetapi lebih perlahan, dirinya juga telah mengajukan bab baru dari manga Gangsta.

Lupus erythematosus sistemik adalah penyakit autoimun di mana sistem kekebalan tubuh menyerang tubuh. Kohske sebelumnya sudah didiagnosis menderita kelainan eosinofilik, penyakit autoimun yang serupa. Karena ini, Kohske sering mengambil hiatus dari serialisasi Gangsta agar penyakitnya diobati.


Manga terakhir hiatus pada bulan September 2018, dan kembali pada Maret terakhir dengan bab ke-55. Bab terakhir adalah bab ke-56, yang terbit pada bulan Desember. Manga ini juga mengalami hiatus pada bulan November 2015 karena kesehatan Kohske, tetapi dilanjutkan pada Mei 2017.

Kohske merilis manga di majalah Monthly Comic @Bunch Shinchosha pada tahun 2010. (Majalah ini mengubah namanya menjadi Monthly Comic Bunch pada bulan Maret 2018). Shinchosha menerbitkan volume kedelapan pada Mei 2018.

Sumber: ANN