Mau Melihat Nebuta tapi Tidak Sempat Ikut Aomori Nebuta Festival? Datang Saja ke Nebuta Warasse Museum!

Posted on

Nebuta adalah lampion raksasa terbuat dari kerangka dan washi yang menjadi bintang dalam Aomori Nebuta Festival. Festival ini berlangsung pada 2 – 7 Agustus setiap tahunnya di Aomori, Prefektur Aomori.  Bagi mereka yang tidak sempat mengunjungi festival tapi tetap penasaran untuk melihat nebuta secara langsung dapat mengunjungi Nebuta Warasse Museum.

Berjarak 5 menit dari stasiun Aomori, bagian luar Nebuta Warasse tampak seperti kotak besar yang ditutupi dengan tirai merah dari besi. Bangunan ini terletak di samping Aomori Bay Bridge yang berwarna keabuan.

(gambar: japan-guide)

Di dalamnya, terdapat koridor beratap cekung dimana pengunjung dapat melihat berbagai informasi tentang festival nebuta yang memiliki sejarah selama 300 tahun ini. Koridor ini juga memutarkan rekaman permainan musik menggunakan taiko dan seruling Jepang.

nebuta warasse
(gambar: japan-guide)

Di ruang utama museum yang berlatar gelap, ada beberapa nebuta yang digunakan pada tahun-tahun sebelumnya. Berkat latar belakang yang gelap dan isi dalam nebuta yang diterangi dengan lampu, pengunjung dapat merasakan suasana layaknya berada di festival secara langsung.

nebuta warasse
(gambar: japan-guide)

Museum ini memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk menyentuh nebuta yang biasanya tidak boleh dilakukan. Pengunjung juga bisa belajar lebih tentang nebuta baik struktur maupun cara pembuatannya dalam sesi berdurasi 30 menit pada pukul 10 pagi dan 2 siang.


Setiap akhir minggu dan hari libur ada penampilan penari Haneto (tarian khas festival nebuta) dengan taiko dan seruling. Ditambah lagi, pengunjung sendiri dapat mencoba menarikan tarian tersebut atau menabuh taiko yang digunakan di festival. Ada 3 sesi yang semuanya berlangsung sekitar 30 menit pada pukul 11, 1, dan 3 siang.

(gambar: nebuta)

Museum ini juga memiliki restoran dan toko. Di restoran pengunjung dapat menyantap seafood segar sambil melihat pemandangan teluk Mutsu. Namun setelah jam 3, yang disajikan disini hanya minuman. Toko menjual barang yang berhubungan dengan nebuta dan suvenir khas Aomori seperti apel dan produk bertema kerang.

Tiket masuk museum untuk orang dewasa 600 yen, SMA 450 yen, dan pelajar dibawah SMA 250 yen.

Museum, restoran, dan toko tutup pada 31 Desember – 1 Januari. Tanggal 9-10 Agustus museum tutup karena pergantian nebuta yang akan dipamerkan namun toko dan restoran tetap dibuka.

Alamat: 1 Chome-1-1 Yasukata, Aomori, 030-0803

 

Sources & images: japan-guide, nebuta

The post Mau Melihat Nebuta tapi Tidak Sempat Ikut Aomori Nebuta Festival? Datang Saja ke Nebuta Warasse Museum! appeared first on Japanese Station.