Menurut Bekraf, Gaming adalah Pendorong Industri Lokal! Ini 7 Alasannya!

Posted on

Duniaku.net- Dulu barangkali kita bingung kalau ditanya apa buktinya kalau gaming bermanfaat di dalam ekonomi dan industri Indonesia. Tapi saat ini, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) memberikan pencerahan melalui kultwit-nya! Nah, ini dia penjelasannya!

Dimanfaatkan Sebagai Sarana Pendidikan!

“Game, termasuk e-sport yang kini sangat populer, tidak lagi dipandang sebatas sarana hiburan. Game mulai diperhitungkan dalam perannya bagi kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat. Nyatanya, game telah banyak dimanfaatkan sebagai sarana edukasi,” buka Bekraf.

Dari profil 16 subsektor ekonomi kreatif dari laporan akhir BPS, PDB lapangan usaha ekonomi kreatif tahun 2015-2017, jaringan usaha gim dan aplikasi merupakan usaha tunggal dan lebih dari 83 persen di antaranya tidak berbadan usaha, alias independen!

Membuka Lapangan Tenaga Kerja!

Sebut Bekraf dalam menyampaikan pos selanjutnya, “Sementara bagi perekonomian, perkembangan game yang pesat juga mendorong pertumbuhan subsektor periklanan, video, musik, dan lainnya. Di Indonesia, potensi game juga cukup menjanjikan.”

Pasarnya Besar, Tumbuhnya Cepat!

Berdasarkan laporan tersebut, Pendapatan Domestik Bruto yang dihasilkan dari sektor Industri Game dan Aplikasi lokal mencapai 19,1 Triliun Rupiah! Belum lagi kita bicara tentang laju pertumbuhannya yang meningkat hingga 7,9 persen dan 44,733 orang yang terdaftar sebagai tenaga kerja industri ini!

Penyokong E-Commerce, Lho!


E-Commerce, alias perdagangan elektronik adalah sektor yang sedang bertumbuh pesat di Indonesia, dengan Industri Game dan Aplikasi yang menjadi salah satu pengguna terbesarnya! 77 persen di antaranya memanfaatkan media E-Commerce dan pemanfaatan media internet hingga 48 persen pun jadi buktinya, lho!

Capai Pasar Internasional!

archipelageek 2019

Sukses menjangkau pasar gaming Amerika Serikat melalui Game Connection America (GCA) 2019 Maret lalu, kini melalui program Archipelageek Bekraf dan Asosiasi Game Indonesia (AGI) pun membawa sepuluh perusahaan gim Indonesia ke Gamescom di Jerman pada tahun ini!


CONTINUE READING BELOW


Peran Penting Sebagai Pusat Perhatian!

Pada perhelatan London Book Fair Maret lalu, begini kutipan dari cuitan resmi Bekraf,”Sebagai negara pertama Asia Tenggara yang terpilih sebagai Negara Fokus Pasar di LBF19, Indonesia dapat memamerkan kekayaan budaya dan sektor-sektor berbasis konten seperti film, gim, musik, sampai fashion dan kuliner kami. Kami, orang-orang Indonesia, seharusnya bangga atas ini.”

Apa kamu punya bukti lain bahwa gaming bermanfaat bagi industri lokal? Bagikan di kolom komentar!

Sumber: @BekrafID (Twitter)


Suka bermain Mobile Legends, Free Fire, PUBG Mobile, dan Chess Rush? Baca GGWP.ID untuk meningkatkan skill kamu agar lebih jago!