Pameran Digital Art teamLab di Kastil Fukuoka 2019-2020

Posted on

teamLab yang beberapa waktu lalu mengadakan pameran seni di tempat pemandian terlantar, kini mengumumkan akan mengadakan pameran digital art terbarunya dengan nama “teamLab: Digitized Fukuoka Castle Ruins” yang akan dilangsungkan pada tanggal 29 November 2019 hingga 2 Februari 2020 mendatang di Maizuru Park, Fukuoka Castle Ruins, Fukuoka.

Kastil Fukuoka dibangun dalam waktu 7 tahun mulai dari tahun 1601 dan merupakan kastil terbesar di Kyushu. Kastil ini banyak memiliki bangunan dari dan tembok-tembok kokoh dari batu, sehingga kastil tersebut sering juga disebut sebagai ‘Kastil Batu’.

© teamLab

Pameran yang akan dilakukan ini adalah bagian dari Digitized City art project dari teamLab, dengan konsep bahwa teknologi digital non-material dapat membuat sebuah kota menjadi karya seni tanpa harus merubahnya secara fisik.

Dalam pameran ini, tembok-tembok batu yang terdapat di reruntuhan Kastil tersebut akan menjadi ruang seni interaktif yang dapat berubah dengan kehadiran orang-orang. Berikut ini adalah beberapa karya seni yang akan ditampilkan.

Animals of Flowers, Symbiotic Lives in the Stone Wall – Fukuoka Castle Tower Ruins
teamLab, 2017, Interactive Digital Installation, Sound: Hideaki Takahashi

© teamLab

Bunga-bunga tumbuh membentuk binatang di tembok reruntuhan kastil mulai dari pucuk, mekar, yang kemudian berpencar dan menghilang dalam sebuah siklus yang berkelanjutan. Jika ada orang yang mendekat, maka bunga-bunga tersebut akan berpencar. Dan setelah semua bunganya berpencar, binatang tersebut akan ikut menghilang.

Resonating Tree and Autonomous Resonating Life
teamLab, 2017, Interactive Digital Installation, Endless, Sound: Hideaki Takahashi

Pameran Digital Art teamLab
© teamLab

Dalam pameran ini terdapat banyak telur menyala dan beresonansi bersama dengan pepohonan yang berada di area kastil. Jika telur-telur tersebut didorong, warna yang dihasilkan akan berubah.


Breathing Resonating Stone Wall – Fukuoka Castle Ruins
teamLab, 2017, Digital Installation, Endless, Sound: Hideaki Takahashi

Pameran Digital Art teamLab
© teamLab

Pameran ini menampilkan tembok batu yang bersinar sepanjang 630 meter. Cahaya yang berada disini bersinar terang kemudian meredup bagaikan bernapas. Pameran ini juga bergabung bersama Resonating Tree and Autonomous Resonating Life dan menghasilkan warna cahaya yang beresonansi.

Sketch Kuroda Kanbei
teamLab 2019, Interactive Digital Installation, Sound: Hideaki Takahashi, Kenta Matsukuma, Jun Tanaka (Big Cats Creatives)

Pameran Digital Art teamLab
© teamLab

Gambar Kuroda Kanbei dan tokoh-tokoh bersejarah yang berhubungan dengannya (Kanbei Kuroda, Teruhime, Nagamasa Kuroda, Nobunaga Oda, Hideyoshi Toyotomi, Shigeharu Takenaka, Mitsunari Ishida, dan Ginchiyo Tachibana) pada sebuah kertas, dan saksikan gambaran tersebut menjadi hidup dan berjalan di area taman.

Digitized Fukuoka Castle Ruins
Alamat: Maizuru Park, Fukuoka Castle Ruins (Jonai, Chuo-ku, Fukuoka)
Jam buka: Setiap hari 18.00-22.00 (buka hingga 01.00 pada malam tahun baru)

Tiket: Bisa didapatkan di Ticket Pia dan Seven Eleven

Early Bird (4 Nov – 28 Nov): Dewasa 1,000 yen, SMP dan SMA 600 yen, usia 4 hingga SD 300 yen
Same day: Dewasa 1,200 yen, SMP dan SMA 800 yen, usia 4 hingga SD 400 yen

The post Pameran Digital Art teamLab di Kastil Fukuoka 2019-2020 appeared first on Japanese Station.