Rayakan Hari Kedewasaan, Kegiatan Apa yang Biasa Orang Jepang Lakukan?

Posted on

Bagi yang berasal dari luar Jepang dan berjalan di dekat balai-balai kota, kuil dan tempat suci lainnya di Jepang pada hari ini, pasti banyak yang menyadari kenapa orang-orang menggunakan pakaian tradisional. Seperti yang ditulis dalam artikel Seitokai Yakuindomo sebelumnya, hari ini diperingati sebagai Hari Kedewasaan di Jepang. Apa itu Hari Kedewasaan?

Seijin no Hi, sebutan Hari Kedewasaan di Jepang ini selalu diselenggarakan pada hari Senin minggu kedua bulan Januari. Perayaan ini sudah diselenggarakan sejak 714 Masehi, namun pemerintah Jepang baru menetapkan hari tersebut sebagai hari libur pada tahun 1948. Dahulu perayaannya selalu digelar setiap tanggal 15 Januari, namun per tahun 2000, pemerintah mengubah tanggalnya menjadi setiap hari Senin minggu kedua bulan Januari. Hal ini dikarenakan untuk mengakomodasikan hari libur panjang yang berlangsung di minggu tersebut, atau biasa disebut Happy Monday.

Lalu bagaimana warga Jepang merayakan hari libur ini? Biasanya mereka yang memasuki usia dewasa (20 tahun) akan menghadiri upacara yang diselenggarakan di balai-balai kota terdekat. Para perangkat daerah dan perkotaan akan memberikan sambutan dan membagikan wejangan mengenai pentingnya menggapai tangga kedewasaan, selain dari dilegalkannya kegiatan minum-minum dan merokok. Para tamu undangan juga akan mendapatkan cinderamata setelah acara selesai.


Para undangan biasanya menggunakan atribut pakaian tradisional. Untuk perempuan yang telah memasuki umur dewasa biasanya mengenakan kimono yang cantik dan berlengan panjang yang dimana mengartikan mereka masih belum menikah. Mereka juga biasanya harus bangun shubuh-shubuh demi berangkat ke salon untuk berdandan. Bagaimana dengan laki-laki? Biasanya mereka akan menggunakan Hakama, namun ada juga yang menggunakan pakaian formal seperti jas.

Selain menghadiri upacara di pagi hari, kegiatan yang dilakukan selanjutnya juga bermacam-macam. Mulai dari mengunjungi kuil terdekat dan berdoa demi mengharapkan kehidupan yang lebih baik di fase kehidupan  berikutnya. Selain itu, biasanya warga Jepang berekreasi di tempat-tempat wisata seperti Disneyland, Tokyo Tower, dan situs wisata lainnya. Salah satu yang paling sering dilakukan oleh orang-orang yang baru beranjak dewasa disana adalah langsung minum-minum di restoran atau izakaya terdekat. Hal ini diibaratkan mereka mulai dapat memecahkan telur remaja mereka dengan mulai minum atau merokok sesuai kehendak masing-masing.

Ini terlihat aneh, namun ada juga yang bisa merayakan hari libur ini dengan menonton Seitokai Yakuindomo di Abema TV.

Sumber: ToyokeizaiGrapee