Sakabato Milik Kenshin Himura Dipamerkan di Aichi

Posted on

Sakabato, sebilah pedang asli milik Kenshin Himura dari serial Rurouni Kenshin atau Samurai X ini sedang dipamerkan. Pedang yang memiliki sisi tajam yang terbalik ini merupakan salah senjata ikonik yang dimiliki oleh KenshinDengan pedang bilah terbalik inilah, Kenshin bisa memenangi pertarungan katana melawan samurai ataupun penjahat tanpa perlu menghabisi nyawa mereka.

Kini, versi sebenarnya dari pedang Sakabato bisa dilihat secara langsung di komplek museum Meijimura yang berada di Inuyama, Aichi. Sejak 1 Agustus lalu, museum ini sedang memamerkan katana milik Kenshin ini yang diberi nama Sakabato Shinuchi(Pedang Bilah Terbalik Tempaan Asli). Pameran pedang ini bisa kalian lihat hingga 15 Desember nanti.

Sakabato Shinuchi ini merupakan pedang official tempaan asli pertama yang dipamerkan. Satu hal yang terlihat sangat jelas, adalah hamon atau pola bagian yang ditajamkannya berada di bagian dalam dari pedang tersebut, membuatnya terlihat persis dengan sakabato milik Kenshin.

sakabato

Sang pandai besi yang menciptakan pedang ini, adalah Kanekuni Ogawa. Beliau sendiri sudah memenangkan berbagai macam penghargaan dari Society for Preservation of Japanese Art Swords atas keahliannya dalam menciptakan pedang-pedang modern dan ia pun sampai-sampai dianggap sebagai salah satu orang penting atas andilnya dalam kebudayaan oleh kota Seki, kota yang menjadi salah satu pusat dari produksi pedang dan alat-alat potong lainnya.

Dengan kemampuan yang sudah terbilang sangat mumpuni seperti itu, ternyata pembuatan pedang ini juga bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah. Hal itu dikarenakan, wujud pedang sebenarnya hanya ada di gambar dan juga animasi 2 dimensi. Karena hal itulah, Ogawa membaca dan melihat secara seksama wujud dan dimensi pedang tersebut dari seluruh sumber yang ada agar dapat menciptakan pedang yang asli semirip mungkin.

Selain lengkungan pedang sakabato ini yang tidak konsisten, bentuk hamonnya juga tidak sama sepanjang serial “Samurai X” berjalan. Hal ini juga yang membuat Ogawa harus memilih satu desain yang dapat merepresantasikan seluruh desain yang ada. Karena itu, dipilihlah pola gunome, atau ombak yang terlihat tenang.


Juga, selain animasi dan gambar yang tidak sama yang membuat Ogawa harus berfikir lebih, beliau sendiri mengatakan kalau hal yang paling sulit dalam pembuatan pedang ini, adalah bagian shinoginya. Shinogi ini adalah bagian tajam dari katana, yang pada umumnya tidak ditajamkan sampai ke titik paling ujung pedang. Bedanya, sakabato ini memiliki shinogi yang tetap tajam hingga ke titik paling ujung bagian yang seharusnya tidak ditajamkan.

sakabato

Menirukan hal ini merupakan hal yang amat sulit, tetapi tidak bagi pandai besi sekaliber Ogawa.

sakabato

Katana ini tidak dipamerkan dengan gagang pegangannya, karena itu, pengunjung dapat melihat tanda dari pembuat pedang di area dimana gagang pegangan seharusnya dipasang. Selain tanda dari karya Ogawa ini, kalian juga akan menemukan syair peninggalan Arai Shakku pembuat pedang sesungguhnya dalam dunia anime dan manga Samurai X.

sakabato sakabato

Dengan sangat banyaknya usaha yang harus dilakukan, banyak yang beranggapan kalau Ogawa menerima rencana pembuatan pedang ini, karena kecintaannya terhadap Samurai X, tetapi ternyata, sebelum diminta untuk membuat pedang ini, beliau mengaku kalau belum pernah membaca ataupun menonton Samurai X dalam media apapun.

“Aku menyanggupi untuk membuat pedang ini, dan setelah aku menyetujui hal tersebut, tidak mungkin bagiku untuk mundur hanya karena pembuatan yang terlalu rumit”. Ini membuktikan, bahwa beliau tidak hanya seorang pembuat pedang samurai, tetapi juga memiliki kepercayaan diri dan jiwa seorang samurai.

Meijimura Museum
Alamat : 1 Uchiyama Museum, Meiji-muraInuyama, Aichi
Jam operasional : 09.30 – 17.00

Pameran Samurai X
Waktu : 1 Agustus 2019 – 15 Desember 2019
Jam operasional : 10.30 – 16.30

 

Source & all photos : soranews24

The post Sakabato Milik Kenshin Himura Dipamerkan di Aichi appeared first on Japanese Station.