Sanreizan, 3 Gunung Suci di Jepang

Posted on

Jepang memang memiliki banyak gunung. Tapi apakah kamu tahu kalau di Jepang ada gunung yang dianggap suci? Nah, 3 gunung ini disebut Sanreizan (三霊山). Dilansir dari Japan Info, Sanreizan berarti 3 gunung yang merupakan tempat pemujaan sakral bagi orang-orang yang menyembah gunung (sangaku shinko / 山岳信仰). Ketiga gunung suci ini dipercaya memiliki kekuatan spiritual di gunung dan sungai-sungainya dan dapat memberi kehidupan bagi daratan. Hal inilah yang membuat 3 gunung suci ini juga dijuluki sanmyaku (山脈) atau “urat nadi pegunungan”.

Ketiga gunung yang dianggap sebagai Sanreizan adalah Gunung Fuji, Gunung Tate, dan Gunung Haku. Dilansir dari World Atlas, 3 gunung ini dipercaya memiliki kekuatan spiritual yang berbeda-beda. Gunung Fuji dianggap memiliki kekuatan vulkanik, Gunung Tate dipercaya memiliki kekuatan jiwa kematian, dan Gunung Haku dipercaya memiliki kekuatan air. Ingin tahu lebih banyak tentang Sanreizan? Ayo simak penjelasan berikut.

Gunung Fuji

Gunung Fuji, salah satu Gunung Suci di Jepang (planetware.com)
Gunung Fuji, salah satu Gunung Suci di Jepang (planetware.com)

Gunung yang berlokasi di perbatasan Perfektur Shizuoka dan Yamazaki ini dikenal sebagai tempat tertinggi di Jepang dengan tingginya yang mencapai 3776.24 m. Gunung Fuji juga dikenal sebagai gunung yang sering menjadi semacam maskot di beberapa lukisan. Ada 4 jalur untuk mencapai puncak gunung ini, namun biasanya yang dipilih adalah pendakian semalam untuk mengejar pemandangan matahari terbit. Masa pendakian paling populer di gunung ini biasanya di bulan Juli hingga September.

Gunung Tate

Gunung Tate, salah satu gunung suci di Jepang (jpninfo.com)
Gunung Tate, salah satu gunung suci di Jepang (jpninfo.com)

Gunung bertinggi 3015 m ini dikenal dengan onsen di Murododaira, sebuah dataran lava yang tebentuk akibat letusan Gunung Tate sebelumnya. Murodo sendiri sering digunakan sebagai tempat meditasi dan berdoa sebagai bentuk pemujaan terhadap gunung.


Gunung Tate juga dikenal dengan Mikurigaike, sebuah kolam yang airnya dipercaya sebagai air suci untuk memasak makanan para dewa gunung. Di bulan Juni, air di Mikurigaike berubah warna menjadi biru kobalt dan dapat memantulkan bayangan Gunung Tate. Di sekitar kolam ini juga tinggal burung Raicho atau burung Arktik.

Di gunung ini juga ada area yang dikenal dengan nama Jigokudani (地獄谷) alias Lembah Neraka. Di area ini terdapat awan panas dari gunung berapi dan bau sulfur yang sangat kuat. Di puncak Jigokudani, ada sebuah kuil bernama Kuil Oyama. Para pendaki dapat berdoa dan mendapat sake hangat dari pendeta di kuil itu. Konon, perjalanan ke puncak Jigokudani yang sulit ini bisa dibilang bagai simulasi pengalaman ke “Neraka” dan kehidupan setelah mati. Kamu juga bisa melihat Kolam Darah (血の池), kolam ini memiliki air warna merah dari zat besi oksida yang tinggi.

Biasanya Gunung Tate ramai dikunjungi pada bulan April, ketika dinding salju yang disebut Yukino-otani (雪の大谷) bisa terlihat.

Gunung Haku

Gunung Haku di Jepang (jpninfo.com)
Gunung Haku di Jepang (jpninfo.com)

Gunung yang terletak di Perfektur Gifu, Fukui dan Ishikawa ini terkenal dengan tempatnya yang putih tertutup salju, sangat mencerminkan namanya yang berarti “Putih”. Gunung Haku biasanya digunakan sebagai tempat ski dan snowboard oleh para turis karena tempatnya yang selalu tertutup salju meski area di sekitarnya berubah warna.

Di Gunung Haku, kamu juga akan menemukan banyak tanaman dan hewan unik yang masih terjaga karena sedikitnya kontak dengan manusia. Selain itu, di sepanjang jalan menuju ouncak gunung Haku, kamu akan dimanjakan oleh pemandangan pegunungan dan air terjun yang indah. Di titik akhirnya, ada Shirakawago (白川郷 ), sebuah tempat yang kini menjadi salah satu warisan dunia UNESCO.

Menarik kan? Jangan lupa kunjungi 3 gunung ini ya kalau ke Jepang!

The post Sanreizan, 3 Gunung Suci di Jepang appeared first on Japanese Station.