Satelit Gundam Untuk Olimpiade Tokyo 2020 Sudah Selesai Dibangun

Posted on

Penyelenggara Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020 mengumumkan selesainya konstruksi satelit bernama ‘G-Satellite Go to Space’. Satelit ini akan mengelilingi bumi saat Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020 berlangsung dan digunakan untuk mempromosikan acara olahraga musim panas tersebut. Sebuah replika satelit ini ditampilkan pada hari Selasa kemarin, dan memperlihatkan 2 karakter dari anime populer di Jepang yaitu ‘Mobile Suit Gundam’ dan ‘Char’s Zaku.’

(gambar: Kyodo)

Satelit yang memiliki ukuran 10 cm x 10 cm x 30 cm ini akan diluncurkan ke luar angkasa sebagai proyek gabungan dengan Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) dan University of Tokyo. Satelit ini akan dibawa oleh kapal kargo menuju International Space Station (ISS) pada bulan Maret 2020, dan kemudian diluncurkan dari ISS menuju orbitnya pada bulan April 2020 mendatang.

Satelit ini memiliki beberapa kamera kecil yang akan merekam dan mengirimkan gambar, serta bulletin board elektronik akan disebarkan ketika satelit telah berada di orbitnya. Bulletin board ini akan menampilkan pesan mengenai pertandingan Olimpiade Tokyo 2020 dalam bahasa Inggris, Prancis, dan Jepang. Penyelenggara juga akan membagikan gambarnya melalui media sosial.


Satelit ini memiliki eksterior berwarna emas yang terinspirasi dari medali emas, dan figur Gundam dan Zaku ini diproduksi menggunakan material dan cat spesial yang dapat bertahan di luar angkasa. Berbagai tes juga sudah dilakukan termasuk penilaian getaran dan benturan, serta tes dengan menciptakan efek vacuum.

 

Featured image: Tokyo2020

The post Satelit Gundam Untuk Olimpiade Tokyo 2020 Sudah Selesai Dibangun appeared first on Japanese Station.