Shadowverse Tanoshii Course #5: Advanced Newbie Tips

Posted on

Kembali lagi dengan Shadowverse Tanoshii Course yang sempat menghilang tapi belum selesai. Hari ini kami akan menuntaskan edisi SVTC untuk kelas pemula. Selanjutkan SVTC akan dilanjutkan ke dalam kelas intermediate yang jarang dibahas di tutorial manapun.

Mungkin kalian sudah mencoba bermain game ini saat membaca artikel SVTC ini atau yang sebelumnya. Dan di dalam SVTC episode-episode sebelumnya juga banyak diberikan newbie tips dan dasar yang kuat. Untuk memantapkan wawasan yang harus dipegang pemula, maka SVTC episode kelima ini akan mengupas tuntas what newbie must do, karena banyak sekali pemula yang melakukan miss yang bakal mengganggu nilai tanoshii atau progress mereka sendiri. Disarankan untuk membaca artikel SVTC episode-episode sebelumnya untuk bisa mengerti isi dari SVTC episode kali.

Tips 1: Farming konten Solo Mode

Mungkin tips yang pertama ini terdengar sangat “you don’t say”, tapi serius deh. Hadiah yang kalian dapatkan dari menyelesaikan konten-konten ini harusnya sangat cukup untuk membeli pack ticket tambahan dengan jumlah yang cukup banyak untuk kalian buka.

Jadi, apa saja konten solo mode yang saya maksud di sini? Oh, itu sudah kami bahas di kelas sebelumnya. Apa kalian lupa? Shoganai, kalian bisa cek lagi ke sini untuk menyegarkan pikiran kalian. Solo konten yang diutamakan tentunya practice dengan NPC tingkat elite semacamnya karena kamu bisa mendapat rewardnya yang lumayan untuk menarik gachamu. Nah, sebenarnya ada alasan lain kenapa saya menyarankan untuk lebih fokus ke solo mode yaitu…

Tips 2: Ubah pengaturan Daily Mission kalian menjadi Solo Mission

Pada pengaturan awalnya, daily mission yang kalian dapatkan akan selalu memaksa kalian untuk bermain dalam Multi Mode. Kemungkinan besarnya untuk kalian yang baru mulai bermain Shadowverse, kalian akan membutuhkan waktu yang lama hanya untuk mengganti misi yang kalian dapat agar dapat kalian selesaikan.

Tapi tahukah kalian kalau terdapat opsi untuk mengubah misi yang kalian dapat menjadi misi yang bisa kalian kerjakan di Solo Mode? Kalau kalian mengaktifkan opsi tersebut, maka misi yang akan kalian dapatkan selanjutnya akan otomatis berupa Solo Mission yang dapat kalian lakukan di Solo Mode. Pada titik ini, kalian jadi bisa menyelesaikan misi harian dan konten solo mode sekaligus. Kedua tips ini sangat cocok dilakukan secara sekaligus untuk kalian yang baru mulai bermain dan masih belum pede untuk terjun ke Multi Mode tapi ingin juga menabung untuk memperbanyak koleksi kartu yang dapat digunakan.

Sebenarnya jikalau kamu sudah pede pun sulit untuk newbie bisa membuat dek untuk 8 kelas yang bisa fokus buat menggali daily mission yang berfokus di multi mode. Percayalah banyak master disana juga tidak memiliki dek untuk 8 kelas melainkan hanya fokus ke kelas tertentu. Jadi jangan minder buat ganti daily mission ke solo modo karena selain lebih mudah juga bisa membuat moralmu tidak jatuh dihajar babak belur dalam bermain ranked (kecuali kamu maso).

Tips 3: Ajak temanmu untuk bermain melawan kamu!

Keuntungan untukmu wahai newbie karena kamu bisa farming rupies dari practice dengan NPC dan juga battle dari 20 pemain yang berbeda.

Kesannya cheesy sekali ya? Tapi game ini memberikan insentif untuk kalian yang baru mulai bermain melalui mode Private. Mode ini merupakan mode yang memungkinkan kalian untuk bermain bersama orang lain tanpa terpengaruh matchmaking yang biasanya ada pada saat kalian bermain Multi Mode yang lain. Saya sarankan kalian kunjungi komunitas-komunitas Shadowverse dan mengajak mereka bermain satu lawan satu dengan kamu, karena untuk setiap satu orang yang kalian lawan sampai selesai kalian akan dihadiahi 100 Rupies hingga kalian sudah melawan 20 orang. Jangan takut apabila yang kalian ajak ternyata sangat gahar (apalagi kalau yang kalian lawan ternyata pemain pro), karena pada umumnya semua pemain pernah melewati fase ini. Dan siapa tahu juga pada tahap ini kalian dapat mendekatkan diri dengan komunitas tempat kalian melakukan misi ini.

Tips 4: Fokuslah ke pack terbaru!

Jika kalian sudah melakukan ketiga tips di atas, kalian seharusnya sudah menyimpan cukup banyak Rupies untuk membeli pack kartu yang kalian inginkan. Nah, saya sarankan di sini kalian hanya membeli pack edisi terbaru saja. Tentu saja untuk kalian yang datang dari ranah physical card game pasti bingung. “Kan satu deck isinya gak cuma kartu dari pack itu aja!”

Ada dua alasan khusus kenapa saya bisa menyarankan hal ini. Alasan yang pertama, tendensi dari metagame di Multi Mode seringnya akan sangat tersentralisasi kepada kartu-kartu yang ada di pack terbaru dan besar kemungkinannya kalau deck-deck yang menonjol adalah yang deck yang diberikan kartu-kartu pendukung yang bagus. Lalu alasan yang kedua? Ingat kan di kelas-kelas sebelumnya kalau kalian bisa mengubah kartu-kartu kalian yang berlebih menjadi vial? Vial ini nantinya bisa kalian gunakan untuk membuat kartu-kartu lain yang belum kalian dapatkan dari pack edisi sebelumnya sehingga kalian bisa melengkapi deck kalian. Simpel kan?


Tips 5: Netdecking is not a bad thing!

Mungkin beberapa dari kalian ada yang bersikukuh untuk meracik deck sendiri. Maksudnya tidak ada masalah dengan itu, sih. Hanya saja, apabila kalian masih belum paham dengan apa yang kalian lakukan, ada baiknya kalian mencari-cari deck yang sudah jadi dan menggunakan deck tersebut (selama kalian punya cukup kartu dan vial untuk mereproduksi deck tersebut).

Di dalam gamenya tersedia game para pemenang grand prix atau turnamen yang bisa kamu salin.

Setelah kalian mencoba memainkan deck tersebut nantinya kalian mungkin akan bertanya-tanya bagaimana seharusnya kalian membawa deck tersebut. Di sanalah komunitas dapat membantu kalian, karena bisa jadi ada salah satu orang yang kebetulan bermain deck yang sama dengan kamu dan kalian mendapat saran dari orang tersebut, dan semakin umum deck-nya, akan semakin mungkin pertanyaan kalian akan terjawab dengan cepat!

Tips 6: Panduan reroll dan bermain Multi yang dianjurkan

Reroll adalah hal yang wajar ketika seseorang pertama kali bermain game yang ada gacha. Beberapa orang pasti menyarankan untuk reroll apabila gacha kamu di Shadowverse ampas, biasanya jika tidak dapat kartu leader atau kartu legend yang bisa menjadi dasar dalam membentuk dek. 

Well I must say that is NOT NECESSARY. Shadowverse jelas memberi opsi untuk membuat kartu dari vial tanpa dari gacha. Jadi untuk membuat dek sebenarnya ga terlalu susah, apalagi yang dikasih netdecking budget deck. Buat leader, itu preferensi pribadi, tapi yang namanya kosmetik ga bakal nentuin kamu menang atau kalah dalam game. Yang jelas kalau kamu mainnya pake kuota pastinya ngos-ngosan buat reroll mending seadanya aja, nanti juga bisa ngikut dengan sendirinya kok.

Shadowverse saat ini sudah sangat baik memudahkan kamu mendapat kartu legendary dari temporary card. Sebagian sudah tersedia temporarynya (yang sebenarnya ga bakal ilang) dan untuk ekspansi pack terbaru kamu bisa membuatnya dari gem yang kamu dapat dari misimu.

Nah untuk mendapat gem cukup mudah, kamu hanya perlu memenangkan konten multi 3 kali sehari untuk mendapat 400 gem tersebut. Jadi perhitungan untuk mendapat satu temporary legendary card adalah 3500 dibagi 400 sama dengan kurang lebih 9 hari.

Bagi kamu yang masih newbie, bisa menggunakan challenge ticket yang kamu dapat sejak awal bermain untuk memainkan Open 6. Ini adalah mode yang selalu dianjurkan ketika ekspansi baru muncul. Kamu bisa mendapat kartu baru sembari bermain dan tentunya tidak membuat kamu stress karena keuntungannya yang lebih besar. Selain itu, jika ada event seperti grand prix ini juga bisa memudahkan kamu untuk mendapat chance win dalam menyelesaikan daily missionmu. Jangan stress kalau kamu banyak kalah, toh masuknya gratis, keluarnya dapet pack atau rupies pula.

Tips 7: Jangan lupa bind akunmu!

Terakhir dan paling penting, jangan lupa bind akunmu. Bind akun Shadowverse cukuplah mudah. Kalian tinggal perlu ke bagian yang ditunjukan pada gambar dibawah ini.

Kamu bisa memilih untuk bind dengan google atau dengan password yang diset oleh kamu sendiri. Password ini tidak akan lenyap dan akan terus dapat digunakan untuk mengembalikan akunmu ketika berpindah perangkat dan semacamnya. Hanya saja perlu diingat, ketika akun Shadowversemu telah dibuka di pc dari Steam, kamu tidak bisa mengoper akun Shadowversemu ke akun Steam lain. Untuk HP kamu bebas mentransfer akunmu ke perangkat lainnya dengan mudah. Cukup tekan daerah yang diberi highlight merah di gambar dibawah ini dan memilih cara mengaitkan akunmu ke perangkat tersebut dengan memasukan User ID dan password yang tepat.

Nah! Dengan tips-tips ini, semoga kalian bisa mulai kembali menjajal Multi Mode di dalam Shadowverse, karena bagian seru, suka, dan duka dari game ini terdapat pada saat kalian bermain melawan orang lain! Kita akan berjumpa kembali pada kelas intermediate mendatang! So stay tuned for that, and see you soon! Shadowverse, battle!

GLOSSARIUM

Bind: Mengaitkan akunmu dengan hal tertentu agar dapat dikembalikan sewaktu-waktu saat berpindah perangkat dan semacamnya.

Budget deck: Deck yang ga mahal vialnya, biasanya dibawah 20,000 vials dengan minimalisir kartu legendary dan gold.

Meta: Deck yang sedang berkuasa saat itu. Biasanya banyak dipakai orang dan bisa mengalahkan dek yang bukan meta dengan mudah.

Net decking: menyalin deck orang lain.

Reroll: Mengulang progress game dari awal untuk mendapat hasil gacha yang lebih memuaskan.

TENTANG PENULIS

XCPhonon atau biasa dipanggil Kengo karena pengucapan in-game name-nya yang berbelit (dan berujung ‘diprotes’, terutama oleh BlueHeaven) merupakan Ketua Divisi Publikasi Imajin Epic Victory. Selain bertanggung jawab dalam penyebaran berita-berita yang terkait dengan tim IEV, dia juga masih aktif mengikuti turnamen baik dari tingkat komunitas maupun internasional. Also a massive Portalcraft janky.

Mashiro atau yang lebih dikenal BlueHeaven, saat ini memiliki banyak nama samaran demi menutupi dirinya saat meneliti atau berkompetisi. Dirinya sekarang giat menyiarkan konten Shadowverse di channel youtubenya. Kelas untuk newbie juga diadakan olehnya untuk melatih calon duelist yang mumpuni.

IEV merupakan singkatan dari Imajin Epic Victory, bukan Imajin Epic VTuber –ini cuma bercandaan saja. IEV dibentuk November 2018 dan kini beranggotakan kurang lebih 18 orang. IEV sudah membuktikan prestasinya di kancah internasional dengan pencapaian terbesar menjadi runner-up Shadowverse Open regional SEAO bulan Maret dan Mei kemarin.