Tes Bakat – Hal yang Paling Dipertimbangkan dalam Penilaian Pra Kerja

Posted on

Penilaian Test Bakat dalam Pra Kerja

Kesejahteraan ekonomi merupakan faktor yang paling penting dalam kehidupan. Setiap orang bergantung pada apa yang bisa diperoleh untuk terus menjalani hidup dalam stabilitas masyarakat. Namun demikian, dengan upah yang tinggi dapat meningkatkan kepuasan setiap pekerja dan terhindar dari krisis keuangan.

Perusahaan sangat ingin membangun lingkungan yang kuat untuk tempat kerja mereka. Merupakan Integral bagi organisasi untuk merekrut kandidat yang pantas sehingga mereka tidak dibiarkan menganggur. Untuk menghilangkan bias dalam mempekerjakan seseorang, individu diwajibkan untuk mengikuti berbagai tes rekrutmen online. Tes-tes ini umumnya dikenal sebagai sistem pengujian psikometri. Tes-tes ini juga memberikan respons cepat dengan mudah, tentu berkat kemajuan teknologi yang semakin maju.

Tes penilaian bakat dan karier dirancang untuk mengevaluasi berbagai kemampuan kandidat dari perspektif keseluruhan. Penilaian bakat (aptitude assessment) adalah salah satu sistem tes rekrutmen yang paling dapat diandalkan. Untuk memulai, sistem ini juga sangat disukai di antara massa di seluruh dunia. Jenis dan isi pengujian dapat bervariasi sesuai dengan pekerjaan ataupun perusahaan yang berbeda.

Jenis-Jenis Tes Bakat

Tes penalaran verbal
Ini adalah cara mengevaluasi logika verbal seseorang. Tes verbal juga dapat mengetes kapasitas orang jika dia dapat dengan mudah menyelesaikan ujian teks atau tidak. Biasanya diberikan 10 pertanyaan dengan batas waktu 5 menit. Ini bisa dilewati dengan proporsi 70%.

In-Tray Exercises
Tes ini mengevaluasi skenario yang dapat dengan mudah menilai kandidat bahwa seberapa baik individu tersebut dapat memprioritaskan tugas yang diberikan.

Tes penalaran numerik
Tes jenis ini membutuhkan jawaban pertanyaan yang didasarkan pada angka, informasi statistik, dan juga bagan. Batas waktu tes ini adalah 10 menit dengan persentase kelulusan 70%.

Tes penalaran diagram
Dalam jenis tes ini, pengukuran penalaran logis dilakukan berdasarkan waktu dan aturan yang terbatas. 5 pertanyaan diberikan dalam putaran ini dengan batas waktu 5 menit.

Tes penalaran induktif
Penilaian ini mengidentifikasi logika yang mendasari dalam pola daripada angka atau kata dalam kandidat.

Tes penalaran abstrak
Ini adalah nama lain yang dikenal secara umum oleh orang-orang untuk tes penalaran induktif.

Tes penilaian situasional
Tes psikologis ini membantu dalam menilai orang dengan memberi mereka pertanyaan berdasarkan pekerjaan.

Tes kemampuan kognitif
Tes ini tidak hanya mencakup berbagai kategorisasi tes rekrutmen, tetapi juga mengukur kecerdasan dasar seorang individu. Tes-tes ini banyak digunakan di antara banyak organisasi.

Tes Watson Glaser
Terutama firma hukum menggunakan sistem ini. Ini dirancang untuk mengevaluasi kemampuan kandidat dalam kondisi dan argumen kritis.

Tes penalaran mekanis
Kemampuan kepala sekolah yang terkait dengan masalah dan solusi mekanis dan teknik ditanyakan dalam hal ini. Pada dasarnya tes ini mengevaluasi peran teknis dasar yang harus diketahui oleh seorang kandidat.

Tes kesadaran spasial
Kemampuan mental untuk memanipulasi gambar dievaluasi dalam kondisi pengujian ini. Ini sering digunakan oleh organisasi yang menawarkan pekerjaan yang berhubungan dengan desain, arsitektur dan teknik.

Tes pemeriksaan kesalahan
Dalam tes ini, perusahaan dan penguji umumnya fokus pada kapasitas seseorang. Identifikasi kesalahan dalam set data kompleks dilakukan.

Sub kategori dengan konten terperinci lainnya dari tes bakat:


  1. Kecepatan mengetik
  2. Urutan surat
  3. Kemampuan numerik – Pengetahuan matematis, aritmatika dasar, penalaran numerik, logika numerik, masalah kata numerik, dan tes kemampuan numerik juga.
  4. Kemampuan kliring
  5. Kecakapan verbal –Memahami pemahaman, hubungan kata, analogi kata, kosakata, penalaran verbal, homofon, tata bahasa, ejaan, penalaran deduktif, berpikir kritis, tes bakat verbal, koherensi dan kohesi verbal.
  6. Tes penilaian situasi
  7. Kecakapan non-verbal – Penalaran abstrak, kemampuan spasial, analogi non-verbal, penalaran induktif, tes kemampuan non-verbal, penalaran induktif serta penalaran diagram.
  8. Orientasi khusus
  9. Kecakapan mekanik – Pengetahuan elektronik, peralatan, pengetahuan mekanik, kecakapan mekanik dan uji kecakapan mekanik.
  10. Pemecahan kode
Jenis-jenis Tes Bakat

Kelebihan Melakukan Tes Kemampuan Tingkat Lanjut

  • Jenis sistem pengujian ini menawarkan lebih banyak pilihan pekerjaan dan karier yang diinginkan kepada orang-orang.
  • Individu juga dapat memilih platform kerja dan organisasi yang sesuai dengan kepribadian, keterampilan dan nilai-nilai dasar mereka.,
  • Tes ini dapat membantu banyak orang untuk merasa puas dalam kehidupan profesional mereka dengan mendapatkan penghasilan yang menguntungkan.
  • Orang juga dapat belajar banyak dari kesalahan mereka dalam sistem evaluasi ini. Karena mereka dapat meningkatkan sambil melamar untuk waktu berikutnya.
  • Individu dapat melakukan setiap tugas dengan mudah tanpa keraguan dan gangguan.

Meskipun, beberapa perusahaan dominan pria atau wanita tetapi dalam kasus ini deskripsi keseluruhan diberikan sebelum mendaftar. Dengan cara ini orang tidak terluka. Namun, organisasi yang memfasilitasi kesetaraan bagi kedua gender dapat memperoleh banyak manfaat dengan meningkatkan efisiensi dan kemungkinan.

Mempersiapkan Diri Untuk Penilaian Bakat

Terlepas dari ini, banyak tes praktik tersedia di berbagai portal web online yang dapat dioperasikan dengan koneksi internet berkecepatan tinggi. Tes praktik ini tersedia dalam berbagai modul.

Pengguna hanya dapat mendaftar ke situs-situs ini untuk akses dan persiapan paket yang lebih baik. Veteran di setiap bidang tersedia di sana untuk melatih para kandidat. Para ahli juga membantu dalam kosa kata; menyelesaikan pertanyaan matematika, meningkatkan kecepatan mengetik, ketepatan dalam mengetik dan banyak lagi. Tidak hanya itu, tutor juga memeriksa setiap tes Anda secara rinci, menyelesaikan pertanyaan analogi kata, membantu dalam pengarsipan alfabet.

Metode-Metode Tes Bakat Yang Ditangani

Tes bakat diadministrasikan ketika kandidat melamar aplikasi pekerjaan awal. Ini menyaring kandidat yang cocok dengan proses seleksi. Pengusaha menggunakan tes ini dengan bantuan berbagai penyedia yang membantu dalam memilih kandidat dengan metode yang berbeda. Setiap tes dapat bervariasi dan berbeda satu sama lain.

Tidak ada yang sempurna. Namun tes tetap memberi tanda kepada kandidat untuk memberikan respons terhadap tantangan yang harus mereka hadapi setiap hari di tempat kerja dan perusahaan mereka.

Tes dilakukan secara online atau kadang-kadang di pusat pengujian. Sangat tergantung pada perusahaan dan kandidat bahwa dengan metode apa mereka merasa nyaman. Organisasi tempat kandidat ingin mengajukan permohonan melakukan pengujian di atas kertas yang menjadi pusat pengujian.