Tomioka Hachimangu, Kuil Hachiman Terbesar di Tokyo

Posted on

Kuil Hachimangu adalah kuil Shinto tempat pemujaan dewa Hachiman, sang dewa perang dan panah yang menjadi pelindung prajurit. Di Jepang terdapat 44.000 kuil Hachimangu, dan Tokyo memiliki 40 kuil yang termasuk didalamnya. Kuil Hachimangu terbesar di Tokyo terletak di Koto yaitu Tomioka Hachimangu.

Terletak disamping kuil Buddha Fukagawa Fudoson, Tomioka Hachimangu didirikan pada tahun 1627 dan dibangun ulang berkali-kali akibat kebakaran. Selain bangunan kuil utama yang dipersembahkan untuk Hachiman, di tempat ini juga ada kuil-kuil berukuran kecil untuk beberapa dewa Shinto lainnya.

(gambar: bartman905)

Tomioka Hachimangu lekat hubungannya dengan sumo. Pada masa periode Edo, kegiatan sumo dilarang oleh pemerintah namun hanya kuil ini yang boleh mengadakan sumo yang dilakukan ketika musim semi dan musim gugur.

Oleh karena itu ada monumen yang berisi nama para pegulat sumo yang telah mendapat gelar Yokozuna, peringkat teratas dalam dunia sumo. Di sini juga ada monumen bagi mereka yang bergelar Oozeki, satu peringkat di bawah Yokozuna.

(gambar: Morio // CC BY-SA 3.0)

Jalan utama Tomioka Hachimangu bernama Eidai-dori dan menjadi tempat orang berjualan makanan di akhir minggu. Ketika pengunjung masuk melalui gerbang kuil, mereka dapat menemukan patung Tadataka Inou, pengukur wilayah dan kartografer yang berjalan ke seluruh daerah Jepang pada periode Edo untuk membuat peta lengkap pertama negara Jepang ini.


(gambar: japan-photos)

Di dekatnya ada ruang penyimpanan dua Omikoshi yang digunakan ketika festival di kuil ini berlangsung. Omikoshi yang terbesar diantara keduanya memiliki berat 4.9 ton dan dihiasi dengan batu berharga seperti berlian, batu delima, dan safir. Omikoshi dengan sebutan Ichi no Miya tersebut dikatakan memiliki nilai sebesar 1 milyar yen. Terdapat jendela kaca di ruang penyimpanan ini untuk melihat Omikoshi tersebut.

(gambar: japanvisitor)

Disini juga terdapat festival bernama Fukagawa Matsuri yang diadakan pertengahan bulan Agustus setiap tahun, dan setiap 3 tahun sekali juga diadakan Hon Matsuri yang jadwal berikutnya adalah tahun 2020.

 

Featured image: japanvisitor
Source: matcha-jp, japanvisitor

The post Tomioka Hachimangu, Kuil Hachiman Terbesar di Tokyo appeared first on Japanese Station.