[Virtual Journal] Tsunomaki Watame

Posted on

KONBANDODODO!! Selamat datang di rubrik mingguan terbaru dari JOI, Virtual Journal edisi pertama. Di edisi nomor satu ini, tentu saja kita akan membahas VTuber yang sesuai dengan ekspetasi dari artikel guide kemarin.

Tsunomaki Watame adalah salah satu dari generasi keempat Hololive, satu angkatan dengan Kiryu Coco, Tokoyami Towa, Himemori Luna, dan Amane Kanata. Watame memulai karier di dunia virtualnya sejak 29 Desember 2019. Watame digambarkan sebagai domba betina yang membawa harpa kecil, menjelaskan bahwa dia bagaikan pemgembara yang senang melantunkan nyanyiannya.

Desain karakter Watame digambar oleh fuumi sedangkan untuk live 2D dibuatkan oleh keffiy. Tinggi Watame adalah 151cm dengan berat badan yang tidak diketahui. Ulang tahunnya setiap tanggal 6 Juni dengan usianya yang sekarang menginjak 3 tahun (tahun domba. 1 tahun domba = 5.33 tahun manusia. Jadi, Watame sebanding umur 16 tahun manusia).

Suara Watame begitu lembut selembut bulunya yang mofumofu. Ciri khas ini dibawakan kedalam lagu perkenalannya. Watame juga menyebutkan baunya seperti bau binatang (kemono nioi), tapi bukan berarti bau yang tidak mengenakan. Selain itu makanan favoritnya seperti potato chips dan hobinya bernyanyi juga dimasukan ke dalam lagunya tersebut.

Suara Watame yang lembut sempat membuat orang-orang salah mengira kalau Watame dan Shigure Ui adalah orang yang sama. Memang keduanya memiliki suara yang mirip, namun keduanya adalah orang yang berbeda. Ini telah dibuktikan saat keduanya live streaming dalam waktu bersamaan yang tentunya tidak akan terjadi apabila keduanya adalah orang yang sama.

Watame menjadi terkenal karena insiden disconnectednya yang melegenda. Berkat ini, Watame dijuluki kusozako kaisen. Tentunya berita ini tidak dilewatkan oleh AsaCoco yang ikut melambungkan namanya walau dengan cara kusa. Walau demikian tetap saja, Watame wa warukunai yo ne.. (Watame tidak bersalah)

translate version disini.

Watame pun berhasil lulus dari kusozako kaisen pada tanggal 2 Januari 2020. Untuk merayakannya dia merilis sebuah lagu ciptaan terbarunya. Lagu ini juga disertai headbangnya yang cukup melegenda. Demo, NANTO! Sekali kusozako hitsuji tetaplah KSZK.

translate version here.

Watame terlihat sering membantu Coco dalam program unggulannya yaitu AsaCoco. Perannya begitu menghibur karena selain sering menjadi bahan cemooh, dia juga membantu iklan koplak yang ditayangkan di AsaCoco. Ditambah lagi ekspresi wajahnya dengan mata melotot ketika sudah overdosis AsaCoco menambah kekonyolan dari karakter yang satu ini. Salah satu contohnya adalah seperti video yang dibawah ini.

Ini beneran dijual loh, bantalnya.

Oke kita kembali ke Watame yang waras. Di channel youtubenya, Watame kini memiliki dua konten khasnya yang sangat menggambarkan karakternya yang gemar bernyanyi. Yang pertama adalah Watame no uta (わためのうた) dan yang kedua adalah Night Fever yang kini bernama Watame e Night Fever (わためぇ Night Fever!!). Kedua konten ini memiliki animasi intronya sendiri yang membuatnya begitu menarik dan mudah juga ditonton oleh orang diluar Jepang.

Watame no Uta selalu tayang tiap jam 03.45 JST (05.45 WIB) tepat sebelum AsaCoco dimulai. Isinya adalah nyanyian Watame yang ditanyakan di hari kerja (Senin-Jumat) sama seperti hari tayang AsaCoco. Watame no Uta memiliki durasi tidak sampai 10 menit. Di akhir Watame no Uta, Watame selalu mengingatkan penontonnya untuk menonton AsaCoco. Para penggemarnya juga mengisi komentar pada program ini dengan hasil Tsunomaki Janken.


Watame e Night Fever berisi live karaoke yang dinyanyikan oleh Watame. Normalnya jumlah lagu yang dinyanyikan berjumlah 10 lagu. Program ini selalu tayang pada malam akhir pekan.

Konten Watame juga dilengkapi dukungan dari fans. Watame tidak bisa lancar berbahasa Inggris, namun mayoritas livestreamingnya selalu ada fans yang berperan sebagai translator ke bahasa Inggris dalam live chatnya, mempermudah fans dari luar Jepang mengerti isi konten dari Watame. Watame no Uta juga dilengkapi subtitle bahasa Inggris.

Bicara soal Tsunomaki Janken, ini adalah aplikasi mobile game yang sebenarnya isinya hanya main suwit (JP called this game janken) dengan Watame. Hanya saja, untuk memenangkan gamenya entah kenapa cukup sulit melihat rekor yang diperlihatkan para fansnya di komentar Watame no Uta. Tsunomaki Janken juga dilengkapi soundtrack lagu buatan asli Watame. Kamu bisa melihat deritanya bermain game ini dari cuplikan berikut ini.

Watame adalah hitsuji (bahasa jepannya domba) spesies langka. Kemampuannya dalam menciptakan lagu sebenarnya luar biasa, namun pembawaannya yang terkesan seperti komedi singkat seringkali membuat orang lupa akan kehebatannya yang satu ini. Lagu Watame yang simpel membuat orang bahkan yang bukan dari Jepang gampang menghafal lagunya. Beberapa contoh lagunya bisa kamu lihat di video dibawah ini.

translate disini.

translate disini.

Buat kamu yang tertarik dengan domba yang satu ini, jangan ragu untuk membeli bantalnya. Silahkan subscribe Watame di channel youtubenya atau follow akun twitternya. Untuk fanart gunakan tag #つのまきあーと. Siaran langsung Watame dilengkapi tag #ドドドライブ. Fans Watame disebut dengan Watamate (わためいと).

Untuk jauh mengenal Watame lebih dalam perlu kamu ketahui juga istilah yang sering muncul dalam live streamingnya. Konbandododo atau dododo (ドドド) adalah istilah sapaan yang dipopulerkan sendiri oleh Watame, mengacu pada suara domba(?). Watame boshi adalah hisatsu (jurus rahasia) yang digunakan Watame ketika bermain game seperti Tetris atau Mario Kart. Membersheep atau Welcome to membersheep, sebutan untuk fans yang sudah tergabung menjadi member. Otsunomaki adalah sapaan ketika live streaming Watame sudah usai. Fans juga sering meneriakan “Watame no.1” yang diterima Watame dengan baik sambil makan ramen (actually this means ‘cry’).

Ketika artikel ini dimuat, Watame sudah berhasil meraih 200.000 subscribers pada channel youtubenya. Jadi alasan untuk pengangkatan Watame sebagai yang pertama sudah jelas, saya adalah fans Watame dan Watame adalah VTuber terfavorit saya.

Sebenarnya masih banyak lagi konten menarik yang dimiliki Tsunomaki Watame, hanya saja artikel ini tidak dapat memuat semuanya. Watame memiliki suara tawa yang begitu menusuk hati yang membuat saya bereaksi HNGGHHH. Ditambah lagi animasi endingnya cukup membuat saya tewas mimisan melihat domba yang satu ini. Watame juga merupakan best assist buat rekannya di Hololive, terbukti dia tidak ambil pusing ketika dibully senpainya ketika collab bermain game atau semacamnya. Truly, Watame no. 1~