[Waifu Wednesday] Yura

Posted on

Kembali lagi dengan rubrik Waifu Wednesday dari Kantai Collection. Setelah menyaring beberapa saran dari para teitoku, saya memilih Yura dari kelas Nagara sebagai pilihan di Rabu ini. Mohon maaf bagi kalian yang menginginkan Waifu Wednesday dari GFL atau Azur Lane. Dikarenakan saya pensiun (GFL) dan tidak main Azur Lane, jadi saya serahkan kepada staf lainnya hehe.

Yura, nama yang diambil dari nama sungai di daerah Kansai, disematkan kepada kapal penjelajah (CL) yang dibangun di Sasebo Naval Arsenal ini. Kanmusu yang (hampir) memiliki andil dalam penenggelaman Prince of Wales dan Repulse ini diluncurkan sehari setelah hari Valentine tahun 1922.

Di dalam gamenya, Yura digambarkan sebagai wanita yang tenang dan bertanggung jawab, Dia memiliki rambut panjang berwarna pink dengan gaya ponytail. Rambut yang terikat panjang ini juga dibalut dengan pita yang menggulung dari bagian atas hingga ujung rambutnya. Ada trivia menyatakan dirinya memiliki rambut terpanjang di pangkalan. Beritahu saya jika trivia ini salah.

Lalu, kelebihan dan kekurangan apa yang kalian harus ketahui sebelum memilihnya sebagai pilihan kalian? Mari kita lihat.

+ Laundry Fairy

Jika kalian sering menempatkannya Yura sebagai sekretaris pangkalan, kalian akan sering mendengar kanmusu satu ini minta izin untuk mencuci pakaianmu. Tidak hanya mencuci pakaianmu, dia juga mencuci pakaian dan barang milik kanmusu lain. Sampai-sampai Sagiri gak dapat jatah mencuci pakaian teitoku dan Amagiri.

“Teitoku, um, saya..ahh teitoku, Anda terlihat sibuk…aku tahu Anda sibuk. Aku akan mengambil barang pribadimu dan mencucinya untukmu. Baiklah, aku akan mencuci ini….dan ini juga…dan ini..ah, um ya… yang ini juga. Aku akan mencucinya untukmu ya?”

Yura biasa mencuci di waktu subuh sehingga saat pagi harinya ia bisa melanjutkan kegiatan lainnya seperti memasak ataupun membantu teitokunya.

+ (Lumayan) Jago Masak

Poin plus lain darinya adalah dia akan menyiapkanmu segala hal yang berhubungan dengan perut teitokunya.  Sarapan? Menu buatannya biasanya adalah nasi jelai, acar timun, sup miso dengan daikon (lobak), dan goreng kering ikan makerel. Siang? Dia akan menyiapkan bento khusus untukmu. Menunya? Silahkan minta sendiri ya. Bagaimana dengan makan malam? Kalian bisa memesan Yura sendiri sebagai makan malammu. Hehe, Yura sudah pasti menolaknya dengan halus (kecuali anda sudah nikahi) dan akan memasak menu lain seperti stew.

Yura juga adalah seorang pecinta teh. Ia sering menyediakan teh hangat untuk teitokunya saat di kantor. Terkadang juga menambahkan beberapa makanan ringan untuk menemani tehnya.

+ Lemah Lembut dan Sopan

Tidak seperti saudaranya yang cerewet dan jahil, sifat Yura sangat lembut dan tenang. Walaupun begitu, Yura sering mengatakan hal tanpa basa-basi kepada lawan bicaranya. Namun tutur katanya sangat sopan dan cocok untuk kalian yang sering tergugah oleh hal-hal manis seperti itu. Pemalu? Mungkin hanya disaat tertentu saja.  Seperti  mengambil pakaian dalam teitokunya yang ingin ia cuci atau saat berusaha menolak permintaan night battle dari teitokunya.

Yura sering sekali berterima kasih kepada semua orang yang dianggapnya sudah bekerja keras. Tak hanya teitokunya, kanmusu seperti Akizuki-pun sering mendapat ucapan ini saat menyelesaikan misinya. Tanggung jawabnya sebagai kanmusu yang mendapat predikat laundry fairy juga mendorongnya untuk bekerja keras tidak hanya saat mencuci, namun juga saat berperang di lautan. Yura juga tak segan untuk sedikit menyumbar kemampuannya.

+ Ne?

“Ne? Ne?”


Coba berapa kali Yura selalu menambahkan kata “ne?” di akhir kalimatnya. Adakah yang bersedia untuk menghitungnya dari pagi hingga malam? Penambahan “ne?” ini sudah menjadi trademark utama dari Yura.

– Yuubari

Si hijau melon ini sudah menjadi momok bagi kalian yang ingin mendapatkan Yura. Sejak pertama kali diimplementasikan, “yuri shipping” antara Yura dan Yuubari sudah menjadi bahan bagi para artist dan kreator lain. Mereka berdua ini lebih lengket daripada hubungan Akashi x Ooyodo atau Suzuya x Kumano. Namun, kalian bisa memilih jalan keluar untuk menggaet Yura yaitu dengan menikahi keduanya. Selain Yuubari, Yura juga punya hubungan spesial dengan Yuudachi dan Harusame.

– Tenggelam

Takdir Yura di penghujung karirnya sangat memilukan. Saat melakukan penyerangan bersama Yuudachi, Murasame, Harusame dan Akizuki menuju Guadalcanal ia diserang oleh pesawat bomber SBD. Kerusakan dibagian buritan menyebabkan misi penyerangan dibatalkan dan seluruh kapal kembali ke Shortland. Namun dalam perjalanan pulang, Yura kembali terkena serangan P-39 Airacobras dan SBD, namun serangan ini tidak mampu memberikan kerusakan berarti untuk Yura.

Namun beberapa saat kemudian, serangan kembali dilakukan oleh USAAF melalui empat SBD, tiga F4F Wildcats dan empat P-39 Aircobras. Tak hanya itu, serangan susulan juga dilakukan oleh B-17 Flying Fortress. Serangan ini membuat seluruh bagian Yura mengalami kebakaran. Setelah seluruh kru kapal dipindahkan, pada pukul 18:30 Harusame dan Yuudachi meluncurkan torpedo yang mengarah kearah Yura. Tubuh Yura terpotong menjadi dua bagian dan bagian depannya tenggelam. Kemudian pada pukul 19:00, bagian buritannya tenggelam dekat Pulau Savo  setelah ditembaki oleh Yuudachi. Hal ini menjadikan Yura sebagai kapal penjelajah (CL) pertama milik Jepang yang tenggelam di Perang Pasifik.

– Suicidal

Dibalik perangai yang cantik dan tenang, Yura punya tendensi untuk melakukan hal yang tidak semestinya dilakukan. Sempat ada isu saat Yura akan mendapatkan kai ni dalam beberapa tahun silam, namun kemudian ternyata adalah Nagato yang mendapat remodel tersebut. Kemudian….

Just kidding, ini hanya ulah beberapa artist dan redditor yang mengerti betapa putus asanya dia menunggu kai ni-nya.

Alright, mungkin itu saja Waifu Wednesday spesial Yura. Semoga dia muncul di season kedua nanti hehe. Oiya dev KC juga baru memasarkan lotion Kantai Collection beberapa hari lalu. Jika kalian butuh lotion (asli) dari kapalnya, silahkan memesannya secara langsung hehe.

Sampai jumpa di Waifu Wednesday berikutnya!

Banner : tri
Gambar : 1, 2, 3, 4 (deleted), 5, 6, 7, 8